Begini Gagasan Yudi Sumbogo Upayakan Pelayanan Kesehatan Cepat, Mudah dan Berkualitas

oleh -0 Dilihat
RSUD dr Darsono Pacitan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Ada beberapa langkah konkrit bakal pasangan calon bupati Pacitan, Yudi Sumbogo – Isyah Anshori mewujudkan pelayanan kesehatan cepat, mudah dan berkualitas.

Salah satunya dengan pengembangan sarana dan prasarana kesehatan dengan memperbanyak pembangunan Puskesmas Pratama di setiap kecamatan.

Menurut pria yang akrab disapa Mbogo ini, salah satu langkah konkritnya adalah sistem pelayanan kesehatan yang maksimal terhadap masyarakat.

Selain itu, kata dia, juga penambahan alat-alat kesehatan yang cangih dan memenuhi standart, selain itu juga obat-obatan dengan merk yang sangat bervariasi, dan yang utama adalah pembangunan rumah sakit besar.

“Dengan peningkatan pelayanan kesehatan yang maksimal serta peralatan medis memadai akan membuat masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan yang prima,t tidak perlu harus berobat ke luar Pacitan jika di tempat sendiri sudah melayani dengan maksimal,”kata Mbogo saat dikonfirmasi awak media, Rabu (16/9/2020) di Pacitan.

Selain itu, kata dia,  modernisasi pelayanan kesehatan tersebut membawa dampak bagai dua mata pisau dalam masyarakat.

Di satu sisi dapat membawa dampak yang positif bagi kemajuan di sektor kuratif atau pengobatan dan rehabilitatif, namun disatu sisi lainnya dapat berpotensi menurunkan sektor preventif-promotif.

Sebagai contoh, seperti menurunya program pencegahan dan pengendalian penyakit, menurunya kemandirian atau pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat.

“Dengan mempermudah bagi praktek pengobatan dokter dengan berbagai spesialis dan sub spesialis, perkembangan cakupan jaminan pembiayaan kesehatan (asuransi kesehatan) baik yang dikelola BUMN maupun Swasta, dan sebagainya serta serta memberikan pelayanan kesehatan optimal bagi kesehatan masyarakat kurang mampu baik kesehatan anak, dewasa dan lanjut usia (lansia) atau geriatri,”jelasnya.

Mbogo optimis mewujudkan pelayanan kesehatan yang paripurna ini. Terutama melalui koordinasi yang baik dengan pemerintah provinsi dan pusat serta dengan program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang digalakkan pemerintah yang kini sudah berjalan.

“Karena Kesehatan merupakan kondisi sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkin setiap orang produktif secara ekonomis semua sudah tertuang pada UU nomor 23 tahun 1992 pasal 1 point 1 tentang kesehatan,”tambahnya.

Dengan demikian, kata pria yang masih menjabat sebagai Wakil Bupati Pacitan ini, Pemerintah Daerah harus bisa memfokuskan sektor kesehatan agar bisa mengurangi tingkat kelahiran mati pada anak serta menjamin perkembangan anak yang sehat hingga usia 5 tahun.

“Juga meningkatkan pelayanan kesehatan secara merata dan tidak tebang pilih, pembenahan fasilitas kesehatan (Faskes) yang lebih modern, menyediakan layanan gratis bagi warga miskin dan kurang mampu dengan mempermudah sistem persyaratan administratif,”ujarnya.

Selain itu, kata dia, juga memformulasikan kembali Standar Pelayanan Minimal Daerah (SPMD) agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang optimal dan memuaskan.

“Dan memperbaiki serta meningkatkan sistem manajemen yang lebih transparan, efektif dan akuntabel,”tegasnya.

Mbogo menambahkan, pelayanan kesehatan paripurna ini melalui upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, dengan didukung SDM (non medis) dan tenaga profesi (medis) yang handal serta mengoptimalkan penerapan kebijakan pemerintahan daerah dalam mengembangkan pelayanan.

“Dengan upaya tersebut, kami yakin mampu mewujudkan derajat kesehatan sebagai tolak ukur kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan di Kabupaten Pacitan,”pungkasnya.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Editor: Dwi Purnawan

Video Mbogo-Isyah Beberkan Strategi Memenangkan Pilbup Pacitan

No More Posts Available.

No more pages to load.