Meski Mundur dari Partai Demokrat, Yudi Sumbogo Tetap Jabat Sebagai Wabup Pacitan

oleh -22 Dilihat
Wakil Bupati Yudi Sumbogo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Meski sudah mundur dari keanggotaan Partai Demokrat, namun jabatan Wakil Bupati Pacitan, yang saat ini disandang Yudi Sumbogo, masih tetap berlanjut sampai akhir masa jabatan nanti.

Mantan anggota DPRD Pacitan dari Fraksi Partai Demokrat tersebut, saat ini maju sebagai bakal calon bupati dari PDIP dan PKB.

“Jadi beliau (Yudi Sumbogo, Red) tidak harus melepas jabatannya sebagai Wakil Bupati, sekalipun saat ini sudah mundur dari partai yang mengusungnya saat masa pencalonan lalu,” kata Kabag Hukum Setkab Pacitan, Deni Cahyantoro, Selasa (8/9/2020).

Menurut Deni, jabatan bupati ataupun wakil bupati, tidak sama seperti jabatan anggota DPRD. Dimana ketika yang bersangkutan mundur dari keanggotaan partai yang mengusungnya, lantas ia di berhentikan atau pergantian antar waktu (PAW).

“Jabatan politik di eksekutif (bupati dan wakil bupati) tidak seperti di DPRD. Sebab mereka diusung oleh parpol atau gabungan parpol. Sehingga ketika salah satu dari mereka mundur dari keanggotaan parpol, tidak serta merta mereka juga mundur dari jabatannya di eksekutif,” jelas pejabat eselon III A ini.

Kepala bagian (Kabag) hukum sekretariat kabupaten (Setkab) Pacitan, Deni Cahyantoro. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Sementara itu, sekedar informasi bahwa saat ini Yudi Sumbogo, maju sebagai bakal calon bupati melalui gabungan parpol, PDIP dan PKB. Sebelumnya, Yudi Sumbogo merupakan kader Partai Demokrat.

Saat masa penjaringan calon di DPC Partai Demokrat Pacitan, orang nomor dua di Pemkab Pacitan tersebut, juga ikut mendaftar. Hanya saja ia tak lolos mendapat rekomendasi pencalonan.

Partai dibawah kendali Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan amanah kepada Indrata Nur Bayuaji sebagai calon bupati dan Gagarin sebagai calon wakil bupati.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Mbogo-Isyah Beberkan Strategi Memenangkan Pilbup Pacitan

https://youtube.com/watch?v=DjgoIwUIHl8