Tambah 2, Total Pasien Positif Corona di Pacitan Kini Mencapai 41 Orang

oleh -0 Dilihat
Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dalam konferensi pers, Senin (13/7/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –. Gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, kembali menyampaikan pengumuman adanya tambahan dua pasien positif COVID-19. Pengumuman tersebut disampaikan oleh Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo dalam konferensi pers, Senin (13/7/2020) di Pendopo Kabupaten Pacitan.

“Dengan seizin ketua tim gugus tugas Kabupaten Pacitan, perkenankanlah saya hari ini mengumumkan kasus confirm di Kabupaten Pacitan bertambah 2, dari 39 menjadi 41. Ini dari kecamatan Pacitan dan Kecamatan Sudimoro,”kata Yudi Sumbogo.

Lebih lanjut, Yudi mengatakan selain tambahan dua pasien positif COVID-19 tersebut, sebanyak tiga pasien positif dinyatakan sembuh.

“Sembuh tiga orang dari Kecamatan Pacitan, Nawangan dan Ngadirojo, total sembuh ada 16 orang. Sedangkan yang dirawat ada 24 orang, 22 orang di wisma atlet, dua orang di RSUD Kabupaten Pacitan dan yang meninggal satu orang, jadi jumlah confirm ada 41 orang,”ujarnya.

Pasien positif COVID-19 nomor 40 tersebut berjenis kelamin laki-laki, usia 15 tahun dan masih kerabat dekat dari pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh atau negatif COVID-19 lalu kemudian meninggal dunia.

Dirangkum kabar, pasien yang meninggal dunia itu usai dinyatakan negatif corona, bukan karena infeksi virus SARS-CoV-2. Sebab dua kali hasil swab dinyatakan negatif. Meninggalnya diduga karena penyakit bawaan. Sehingga saat prosesi pemakaman, dilaksanakan dengan tidak menerapkan porotokol kesehatan penanganan pasien COVID-19.

Sementara satu pasien positif COVID-19 nomor 41 berasal dari Sudimoro, masih berusia balita, dan anak dari pasien positif COVID-19 sebelumnya.

Selain ada penambahan dua pasien COVID-19 confirm, GTPP juga menyampaikan kabar baik, terkait dua pasien positif COVID-19 asal klaster Pondok Pesantren Al-Fattah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan yang dinyatakan sembuh. Keduanya berasal dari Kecamatan Ngadirojo dan Nawangan yang selama ini menjalani masa isolasi di wisma atlet.

Terpisah, juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, masyarakat diharapkan jangan lengah dalam menerapkan porotokoler kesehatan.

“Pakailah masker saat keluar dari rumah, dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir, sebelum menyentuh mulut, hidung dan mata,”pesan dia.

Lain itu, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini mengatakan, badan kesehatan dunia (WHO) telah memberikan peringatan, kalau virus SARS-CoV-2 bisa menular lewat aerosol atau partikel-partikel kecil di udara.

“Ini peringatan yang harus benar-benar diperhatikan masyarakat agar tidak lengah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Penularan lewat udara dapat terjadi pada ruangan tertutup, ruangan dengan ventilasi serta sirkulasi udara yang jelek. Makanya untuk ruangan ber AC, sesekali secara teratur dibuka guna mendapatkan sirkulasi udara,”tandasnya.

Hadir dalam kesempatan jumpa pers tersebut, Bupati Pacitan Indartato, Sekretaris Daerah Heru Wiwoho Supardi Putra, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka, Wakil Kapolres Pacitan Kompol Sumardi, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan dan Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Pasen Positif Corona di Pacitan Tambah 2, Total Jadi 41

No More Posts Available.

No more pages to load.