Tambah 5, Total Pasien Positif Corona di Pacitan Jadi 34

oleh -0 Dilihat
Indartato saat konferensi pers, Selasa (7/7/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Kasus coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan terus bertambah. Kali ini, komandan gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) COVID-19 Pemkab Pacitan, Indartato, kembali menyampaikan adanya lima penambahan pasien COVID-19 confirm.

“Hari ini ternyata Pacitan masih bertambah yang positif, yaitu dari 29 yang diswab, ternyata yang positif lima, sehingga totalnya menjadi 34,”kata ujar Indartato, saat melakukan jumpa pers di aula pendopo Pemkab Pacitan, Selasa (7/7/2020).

Lebih lanjut, Indartato mengungkapkan penambahan lima pasien positif COVID-19 tersebut, empat diantaranya dari klaster lokal Kecamatan Sudimoro. Sementara 1 lainnya dari kecamatan Pacitan.

Selain adanya penambahan lima pasien COVID-19 confirm, Indartato juga menyebut satu pasien positif COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

“Sedangkan yang sembuh alhamdulillah hari ini ada 1 sehingga menjadi 12,”tandasnya.

Untuk pasien positif, Indartato mengatakan saat ini  ada 21 pasien yang masih dalam perawatan. Yang tiga di rawat di RSUD dr Darsono, dan satu di rumah sakit dr Soedono Madiun.

“Sedangkan yang 17 di wisma atlet, yang meninggal 1 orang, mudah-mudahan tidak bertambah,”jelasnya.

Karena itu, pria yang juga menjabat sebagai Bupati Pacitan ini, meminta untuk dilakukan antisipasi secara luas, agar tidak ada penambahan sebaran.

“Perlu kejujuran, sebab musuh kita tidak nampak dan sangat membahayakan. Tracing harus lebih luas sampai ke titik-titik yang dicurigai. Selain itu juga testing dan treatment. Mudah-mudahan segera ada obat. Sehingga wabah COVID-19 bisa segera reda,”harapnya.

Sementara itu, juru bicara tim komunikasi publik GTPP COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengimbau, agar masyarakat lebih waspada lagi dalam menyikapi wabah COVID-19. Sebab sampai detik ini, pandemi belum usai.

“Kedepankan porotokoler kesehatan, utamanya memakai masker saat keluar dari rumah dan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun (CTPS). Lain itu, selalu jaga jarak fisik dan hindari berkerumun,”pesannya menambahkan.

Informasi yang dihimpun, lima pasien positif COVID-19 terbaru tersebut berjenis kelamin perempuan, usia antara 22-34 tahun. Satu dari kelima orang tersebut, beralamatkan di Kecamatan Pacitan.

Sejauh ini belum diketahui pasti, asal transimisi sebaran. Sedangkan ke empat pasien lainnya yang berasal dari klaster lokal di Kecamatan Sudimoro.

Sementara, empat pasien positif COVID-19 yang baru lainnya, diduga punya riwayat kontak erat dengan pasien COVID-19 confirm sebelumnya. Sebab mereka bekerja ditempat yang sama yakni di salah satu perusahaan yang berada di Kecamatan Sudimoro.

Dengan diumumkannya penambahan lima pasien COVID-19 confirm, perkembangan kasus covid-19 di Pacitan untuk orang dalam pemantauan (ODP) tercatat sebanyak 671 orang. Dipantau sebanyak 19, dan selesai dipantau 651, meninggal dunia satu orang.

Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak  24  orang. Masih dalam pengawasan 4 orang, selesai diawasi 14 orang dan meninggal dunia enam orang.

Sementara pasien positif covid-19 tercatat sebanyak 34 orang, sembuh 12 orang, dirawat 21 orang dan meninggal dunia satu orang.

Hadir juga mendampingi Bupati Pacitan dalam konferensi pers tersebut Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Inf Tomy Fedi Anugrahan, Sekda Pacitan Heru Wiwoho SP.

Kemudian hadir juga Kalak BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo, Jubir GTPP COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto dan Plt Kadinkes Pacitan T Hendra Purwaka.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Video Pacitan Catatkan Rekor Penambahan Pasien Positif Corona 5 Orang

No More Posts Available.

No more pages to load.