Bupati Pacitan: Rutilahu Solusi Mewujudkan Tempat Hunian Layak

oleh -0 Dilihat
RUTILAHU. Bupati Pacitan bersama Kapolres dan Dandim saat melakukan peletakan batu pertama Rutilahu, Senin kemarin. (Foto: Dok Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Bupati Pacitan Indartato bersama Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi dan Kapolres Pacitan AKBP Didik Hariyanto melakukan peletakan batu pertama renovasi rumah layak huni (Rutilahu) pada Senin (29/6/2020) di Desa Ngadirejan Kecamatan Pringkuku.

Menurut Indartato, pemerintah melalui berbagai program berusaha semaksimal mungkin mewujudkan tempat hunian yang representatif dan sehat tersebut, salah satunya program bedah rumah.

“Dengan tempat tinggal  yang nyaman rakyat dapat tidur dengan nyenyak, jasmaninya sehat, pikiranya maju, harapanya kesejahteraan meningkat,”kata Indartato, seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Menurut bupati, salah satu program  bedah rumah tersebut adalah Renovasi Rutilahu. Program yang digagas pemerintah Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya itu menjadi salah satu solusi mewujudkan tempat hunian yang layak. Terutama bagi mereka yang berada di bawah garis kemiskinan.

“Ini merupakan ujud kemanunggalan TNI dan rakyat serta sinergitas TNI dan pemerintah,” kata Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi.

Menurut Dandim, tahun ini ada 350 unit rumah di Kabupaten Pacitan yang masuk program renovasi yang tersebar di 12 kecamatan. Kriteria penerima bantuan adalah warga miskin atau rentan serta memiliki rumah yang masuk kategori layak  renovasi.

Syaratnya, rumah tersebut berdiri diatas tanah milik pribadi. Selain program renovasi Rutilahu Kodim 0801 Pacitan juga mengerjakan program Jambanisasi sebanyak 500 unit dan tersebar di 6 kecamatan.

Editor: Dwi Purnawan