Pasien Positif Corona di Pacitan Kembali Bertambah Tiga, Satu Dinyatakan Sembuh

oleh -13397 views
Konpers Yudi Sumbogo menyampaikan rilis pertambahan pasien positif. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN– Jumlah pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Kabupaten Pacitan, kembali bertamabh. Saat pemerintah sudah menerapkan tatanan kenormalan baru, namun fakta yang terjadi, jumlah pasien positif COVID-19 di Pacitan masih dikendalikan.

Dalam sepekan terakhir, jumlah warga yang terinfeksi COVID-19 terus bertambah. Kali ini gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, kembali menyampaikan rilis, adanya tiga orang dalam pantauan (ODP) yang akhirnya positif terinfeksi COVID-19. Ketiganya berjenis kelamin laki-laki, usia antara 40-50 tahun.

Ketiga orang tersebut berasal dari Kecamatan Ngadirojo, Kecamatan Tegalombo dan Sudimoro. Mereka diduga berasal dari klaster yang sama. Yakni transmisi lintas daerah, Surabaya. Namun untuk yang pasien dari Sudimoro, sejauh ini gugus tugas masih melakukan pelacakan. Bisa dari transmisi lintas daerah ataupun lintas negara.

Diperoleh informasi, dua dari tiga pasien COVID-19 conform tersebut, memang penduduk Pacitan, namun bekerja di luar kota. Bahkan satu diantaranya tercatat sebagai aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim. Namun untuk pasien asal Sudimoro, bekerja di daerahnya sendiri.

Dengan ditemukannya tiga pasien positif covid-19 tersebut, semakin menambah daftar panjang jumlah pasien positif COVID-19 di Pacitan.

Saat ini jumlah pasien positif COVID-19 tercatat sebanyak 24 orang. Sembuh 11 dan meninggal satu orang. Pasien yang sembuh tersebut berasal dari Bubakan, Kecamatan Tulakan. Sehingga masih ada 12 pasien yang saat ini masih menjalani perawatan intensif di wisma atlet dan rumah sakit.

Dalam keterangan persnya, Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo, mengatakan, dua pasien positif COVID-19 yang baru, yaitu dari Kecamatan Tegalombo dan Ngadirojo, sebelumnya sudah sakit. Yang bersangkutan memang bekerja diluar daerah.

“Sedangkan pasien satunya, asal Kecamatan Sudimoro, merupakan klaster lokal. Wartawan mungkin sudah banyak yang tahu, asal klaster dari pasien tersebut,” ujarnya, saat menggelar jumpa pers di aula pendopo Pemkab Pacitan, Sabtu (27/6).

Pada kesempatan yang sama, orang nomor dua di Pemkab Pacitan itu juga menyampaikan adanya satu pasien positif COVID-19 yang telah sembuh.

“Sehingga saat ini masih ada 12 pasien positif COVID-19 yang masih menjalani perawatan. Sembilan di wisma atlet dan tiga lainnya di RSUD dr Darsono,”jelasnya.

Ia berharap, kedepan tidak ada lagi penambahan pasien positif COVID-19. “Sehingga Pacitan akan masuk zona hijau,” harapnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Konpers Wabup Pacitan Yudi Sumbogo Sabtu (27/6/2020)