Tahapan Pilbup Mulai, Bawaslu Pacitan Awasi Pembentukan PPDP

oleh -13190 views
Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN –  Meski tahapan sudah kembali aktif, namun Bawaslu Pacitan, masih harus menunggu petunjuk teknis pengawasan yang akan ditetapkan Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Pacitan, Berty Stevanus mengatakan, detik ini Bawaslu di masing-masing daerah yang menyelenggarakan Pilbup serentak tengah bersiap-siap untuk pelaksanaan tahapan verifikasi dukungan calon perseorangan, yang akan dimulai pada 24 Juni nanti.

Namun khususnya di Pacitan, tidak ada pendaftar dari calon independen. Sehingga tahapan tersebut tidak dilaksanakan.

Bawaslu pun tengah memperiapkan pengawasan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di Pacitan.

Lembaga yang dipimpin Berty tersebut akan mengawasi PPDP yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan dan jajarannya pada tanggal 24 Juni 2020 mendatang.

“Kita bersiap untuk pengawasan pembentukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang kebetulan akan dimulai pada 24 Juni,”ujar Berty, Senin (22/6/2020).

Seperti diketahui, tahapan Pilbup serentak tahun 2020 ini sempat terhenti hampir tiga bulan akibat pandemi global coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Akibat penghentian tahapan terebut, berdampak pada terhentinya jadwal tahapan, yang semula pemungutan suara akan digelar pada 23 September 2020 berubah menjadi 9 Desember 2020.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan