Karang Taruna Pacitan Luncurkan Pasar Online Permudah Jual Beli di Masa Pandemi

oleh -13250 views
KONSER AMAL. Katar Pacitan saat menggelar konser amal dan peluncuran aplikasi pasar online, Ahad malam. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Karang Taruna (Katar) Kabupaten Pacitan meluncurkan aplikasi pasar online untuk memudahkan transaksi jual beli di masa pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Peluncuran aplikasi pasar online tersebut dirangkaikan dengan kegiatan malam konser amal pada Ahad (14/5/2020) di Pacitan.

Ketua Katar Pacitan Mulyadi mengatakan konser amal dan peluncuran aplikasi pasar online tersebut digagas untuk membantu masyarakat terdampak pandemi. Khusus untuk pasar online, Mulyadi mengatakan hal itu akan memudahkan transaksi dengan mempertemukan penjual dan pembeli secara virtual.

 “Saat ini, hampir semuanya merasakan dampak COVID-19, konser amal ini sepenuhnya akan kita maksimalkan untuk membantu sebagian dari masyarakat Kabupaten Pacitan secara tidak langsung terdampak,”kata Mulyadi, dalam keterangan pers yang diterima Pacitanku.com pada Senin (15/6/2020) di Pacitan.

Mulyadi mengatakan aplikasi pasar online tersebut digagas oleh dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) DI Yogyakarta, Aditya Prihantara yang juga putra daerah Pacitan.

“Aplikasi tersebut  dilengkapi ruang penyedia lapak bagi para penjual guna promo barang dagangan, begitupun untuk pembeli, aplikasi ini memudahkan mereka untuk menemukan barang yang dicarinya,”ujar pria yang juga dosen STKIP PGRI Pacitan ini.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pacitan Sunaryo mengatakan peluncuran aplikasi pasar online yang dirangkaikan dengan konser amal ini merupakan kabar gembira untuk masyarakat Pacitan.

“Aplikasi ini diharapkan dapat membantu menumbuhkan ekonomi masyarakat di tengah pandemi ini sehingga masyarakat menjadi lebih sejahtera,”katanya.

Adanya pasar online tersebut juga diapresiasi oleh salah satu pengusaha lokal Pacitan, Intan. Menurut Intan, aplikasi tersebut merupakan sebuah terobosan baru bagi UKM  pedagang kecil.

“Dan merupakan wadah yang inovatif untuk berkarya ,”katanya.

Agenda konser amal tersebut juga menghadirkan sejumlah artis lokal Pacitan, diantaranya adalah penyanyi dangdut Nopar Pradipta.

Editor: Dwi Purnawan