Gelombang Masih Tinggi, Masyarakat Dihimbau Menghindari Wilayah Pesisir

oleh -0 Dilihat
Pantai Ngiroboyo lokasi TKP kejadian laka laut pada Ahad (7/6/2020). (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Kecelakaan laut yang terjadi di pesisir selatan Pantai Ngiroboyo, Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo pada Ahad (7/6/2020) menambah daftar peristiwa laka laut di Pacitan.

Atas peristiwa itu, Kepala Sie Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Bencana BPBD Kabupaten Pacitan, Aswin Rikha Wijaya meminta masyaraka mewaspadai gelombang tinggi di perairan Pacitan.

“Dengan adanya potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah pantai selatan kami  mengimbau masyarakat untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran dan aktivitas di pesisir,”jelasnya, saat dihubungi Pacitanku.com, Ahad (7/6/2020) malam.

Selain itu, Aswin juga meminta aktivitas para nelayan dan kapal besar pun waspada dengan adanya potensi gelombang tinggi di pantai selatan.

“Perahu nelayan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter), Kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang 1,5 meter,”tandasnya.

Aswin sangat menekankan juga untuk mewaspadai wilayah pesisir.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,”paparnya.

Baca juga: Tiga Remaja Tergulung Ombak, Satu Selamat, Dua Dalam Proses Pencarian

Terkait peristiwa laka laut di perairan Pantai Ngiroboyo, Aswin mengatakan BPBD Pacitan telah melakukan beberapa langkah, diantaranya melakukan assesment.

“Selanjutnya kita berkoordinasi dengan instansi lain seperti kecamatan, Basarnas, Pol Airud dan Relawan guna melaksanakan pencarian korban,”tandasnya.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, tiga remaja yang tengah bermain di tepian pantai Ngiroboyo, tergulung gelombang laut selatan. Satu selamat, dan dua lainnya masih dalam proses pencarian.

Ketiga dari mereka tercatat batas nama, Nur Rahmadani (15), warga RT.02/ RW 02, Dusun Krajan, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Saat ini anak tersebut dalam proses pencarian tim SAR. Begitupun dengan satu rekannya, Putra (14, warga RT 02/ RW 07, Dusun Krajan, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo.

Sementara itu Riyan (14), warga Dusun Krajan Kulon, Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, selamat. Satu korban selamat tersebut, berkat bantuan nelayan, yang saat itu melihat ketiganya tengah meminta tolong saat awal kali terseret gelombang.

Peristiwa itu menambah daftar peristiwa laka laut dalam kurun waktu sepekan terakhir. Setidaknya terdapat tiga kali laka laut di pantai Pacitan dan telah mengakibatkan 2 korban meninggal dunia serta 2 masih dalam proses pencarian.

Pewarta: Putro Primanto
Editor: Dwi Purnawan