Satu Pasien Positif Corona Asal Temboro Langsung Dikarantina di Wisma Atlet

oleh -13252 views
Trihariadi Hendra Purwaka, Plt Kadinkes Pacitan.

Pacitanku.com, PACITAN –Satu pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) ke-14 yang baru saja diumumkan Bupati Pacitan Indartato, Sabtu (30/5/2020) malam kemarin, sudah dipindahkan ke wisma atlet, guna menjalani isolasi.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan, semalam Kepala Puskemas Gondosari, langsung berkoordinasi untuk persiapan penjemputan pasien menuju wisma atlet.

“Semalam langsung ada koordinasi dan penjemputan,” jelasnya, Ahad (31/5/2020).

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, pasien dan keluarga sangat kooperatif. Sejak awal pulang dari mondok di Pesantren Al-Fatah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, yang bersangkutan langsung melaksanakan karantina mandiri.

“Pasien tersebut awalnya berstatus orang tanpa gejala (OTG). Apalagi hasil rapid diagnostic test (RDT) menunjukan non reaktif. Akan tetapi karena kejelian tim medis, akhirnya dilakukan swab, dan hasilnya positif COVID-19,” jelas dokter lulusan salah satu universitas di United State of American (USA) ini.

Hendra, mengungkapkan, pasien sangat  patuh dengan imbauan gugus tugas. Apalagi yang bersangkutan merupakan keluarga dari orang kesehatan juga.

 “Anak tersebut keluarga dari orang kesehatan. Jadi yang bersangkutan sangat patuh dan kooperatif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, data yang diperoleh Pacitanku.com hingga Sabtu (30/5/2020) malam WIB, gugus tugas sudah sebanyak 22.600 orang sehat dengan risiko (ODR), 591 orang dalam pemantauan (ODP), 15 pasien dalam pengawasan (PDP), 331 orang tanpa gejala (OTG) dan 14 positif COVID-19. Dari total 14 pasien positif COVID-19 tersebut, 3 diantaranya sudah sembuh dan 11 diantaranya masih dalam pemantauan atau perawatan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan