Waspadai Gelombang Tinggi di Perairan Pacitan

oleh -0 Dilihat
Tangkapan layar gelombang tinggi di perairan pesisir Pacitan Pantai Pancer

Pacitanku.com, PACITAN – Masyarakat yang bermukim di wilayah pesisir diharapkan lebih waspada dan berhati-hati. Mengingat saat ini gelombang tengah tinggi di perairan Pacitan.

Dalam sebuah video yang beredar, di kawasan Pantai Pancer Door, Kecamatan Pacitan, air laut tumpah sampai ke daratan. Bahkan beberapa pohon yang difungsikan sebagai green belt di tepian pantai, tumbang tersapu ombak yang meluber.

“Sekedar informasi bagi teman-teman yang  hobi berpantai saat ini dan bebetapa hari kedepan, harap berhati-hati. Karena saat ini dan beberapa hari kedepan ombak pasang besar. Hari ini pasang nyampek jalanan,” ujar Sukatno, salah seorang pemerhati lingkungan di Pacitan, melalui jaringan pribadi aplikasi chatting WhatsApp, Selasa (26/5/2020).

Sementara itu, Komandan Pos Kamladu Pacitan, Pelda Eden Totok Budianto mengatakan, bahwa saat ini memang tengah terjadi ombak pasang. Karena itu, masyarakat nelayan diimbau lebih waspada.

Menurut dia, saat ini suhu udara di perairan Pacitan berkisar antara 26 derajat celcius sampai 31 derajat celcius. Tingkat kelembaban 65 persen sampai dengan s/d 90 persen.

“Arah angin Timur sampai Tenggara, kecapatan 03 – 08 Knots Tinggi gelombang 1,0 – 2,5 meter,”jelasnya.

Sementara, berdasarkan siaran pers dari Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, cuaca pada Selasa siang pada umumnya hujan ringan hingga tinggi. Adapun tinggi gelombang kisaran 4 hingga 6 meter.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan