Tambah 4 Jelang Lebaran, Total Pasien Positif Corona di Pacitan Jadi 13

oleh -0 Dilihat
Indartato saat mengumumkan pasien positif COVID-19 Jumat malam. (Foto: Putro Primanto)

Pacitanku.com, PACITAN –Di penghujung hari kerja menjelang lebaran, Bupati Pacitan Indartato kembali mengumumkan empat pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19), Jumat (22/5/2020) di Pendopo Kabupaten.

Ke-4 pasien positif COVID-19 baru tersebut berasal dari transmisi lintas daerah, klaster Pondok Pesantren (Ponpes) Al Fattah, Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Menurut Indartato, dari ke-4 pasien positif COVID-19 tersebut berasal dari Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung, sebanyak dua orang. Keduanya merupakan ibu dan anak. Sedangkan dua lainnya berasal dari Desa Ngromo, Kecamatan Nawangan dan Desa Pelem, Kecamatan Pringkuku.

Dengan bertambahnya empat pasien positif COVID-19 tersebut, jumlah warga Pacitan yang terinfeksi COVID-19 tercatat sebanyak 13 orang. Tiga diantaranya sudah dinyatakan sembuh. Sedang yang lainnya masih menjalani masa isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono dan wisma atlet.

Sekedar informasi, empat pasien positif COVID-19 yang baru diumumkan itu, merupakan hasil uji swab bersamaan dengan 25 sampel mukosa lainnya.

Bupati Indartato menyampaikan keprihatinannya atas bertambahnya pasien positif COVID-19 di Pacitan. Ia meminta agar masyarakat tidak panik, namun diharapkan selalu mengedepankan imbauan pemerintah untuk tetap memakai masker ketika keluar rumah.

“Jaga jarak fisik (physical distancing) dan sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS) dengan air mengalir. Selain itu kedepankan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), tetap memakai masker saat keluar dari rumah,”tutur Indartato memberikan imbauan.

Hadir pada kesempatan jumpa pers di aula Pendopo Pemkab Pacitan, Sekkab Heru Wiwoho Supadi Putro, Kasdim 0801/Pacitan Mayor Tomy Fedi Anugrahan, Wakapolres Kompol Hendri, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Pacitan T Hendra Purwaka, Kabid Pelayanan RSUD dr Darsono Pacitan, Daru Mustiko Aji, Kepala pelaksana BPBD Didik Alih Wibowo dan juru bicara satgas percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Data yang diperoleh Pacitanku.com hingga Jumat (22/5/2020) malam WIB, gugus tugas sudah memantau sebanyak 22.263 orang. Dari total tersebut, sebanyak 21.526 berstatus orang sehat dengan risiko (ODR), 588 orang dalam pemantauan (ODP), 15 pasien dalam pengawasan (PDP), 121 orang tanpa gejala (OTG) dan 13 positif COVID-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

Ralat berita:

Pada Jumat (22/5/2020) Bupati Pacitan menyebutkan satu pasien positif COVID-19 berasal dari Desa Pakisbaru, seperti yang terlihat dalam video di atas. Namun setelah mendapatkan klarifikasi dan ralat dari gugus tugas, redaksi mengubah alamat asal pasien tersebut menjadi Desa Ngromo, Nawangan untuk menghindari kesimpang siuran data.

Adapun link ralat berita bisa dilihat disini -> Empat Pasien Positif Corona di Pacitan Klaster Temboro Sudah Berada di Wisma Atlet

No More Posts Available.

No more pages to load.