Banyak Masyarakat Berbelanja Kebutuhan Lebaran, Indartato Tekankan Protokol Kesehatan

oleh -13192 views

Pacitanku.com, PACITAN – Seiring akan datangnya hari lebaran, Bupati Pacitan Indartato, kembali mengingatkan agar masyarakat jangan lengah untuk patuh dengan protokol kesehatan.

Ia mengaku prihatin, lantaran di beberapa pusat perbelanjaan, animo masyarakat mulai meningkat. Terlebih banyak dari mereka yang lalai tidak mengenakan masker.

Karena itu, orang nomor satu di Pemkab Pacitan ini meminta agar gugus tugas bisa lebih giat lagi memberikan imbauan agar masyarakat benar-benar patuh dengan protokol kesehatan.

“Kami akan koordinasi dengan aparat Kepolisian dan TNI, agar kembali melakukan sosialisasi dan imbauan agar masyarakat tetap mengedepankan protokol kesehatan,” jelasnya, saat menggelar jumpa pers di aula pendopo Pemkab Pacitan, Jumat (22/5) malam.

Indartato juga mengimbau agar pengusaha toko, bisa memberlakukan ketentuan pemakaian masker bagi pengunjungnya. “Kalau tidak pakai masker, jangan diperbolehkan masuk. Sebab dengan cara ini akan bisa memutus mata rantai penyebaran coronavirus. Jadi jangan sampai ada yang tertular dan menularkan,” tegasnya.

Sementara itu juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, gugus tugas tak bisa melakukan tindakan-tindakan represif terhadap masyarakat yang lalai menjalankan protokol kesehatan.

“Gugus tugas hanya sebatas memberikan imbauan-imbauan. Kalau bertindak represif tidak bisa,” jelasnya, secara terpisah.

Karena itu, ia kembali mewanti-wanti agar masyarakat tetap patuh dengan memakai alat pelindung diri, seperti masker.

“Jadi kami kembali imbau jangan sampai tidak memakai masker saat keluar rumah. Selain itu sesering mungkin cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” pesannya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan