Ribuan Masyarakat Pacitan Cairkan Bantuan Sosial Tunai, Bupati: Manfaatkan Sebaik-baiknya

oleh -4 Dilihat
Bupati saat meninjau penyaluran Bansos di Pacitan, Rabu kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bantuan Sosial Tunai (BST) bagi masyarakat Pacitan yang terdampak pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) tahap pertama, Rabu (13/5/2020) kemarin mulai cair.

Ribuan penerima manfaat mulai pagi mengantre di Kantor POS untuk mendapatkan bantuan tunai dari program Kementerian Sosial (Kemensos) RI itu.

Baca juga: Data Penerima Bantuan COVID-19 di Pacitan Masih Simpang Siur

Masyarakat Kabupaten Pacitan yang sudah dapat mencairkan BST tahap pertama sebanyak 9.475 dari total calon penerima sebanyak 22.473. Masing-masing akan menerima uang tunai sebesar Rp 600 ribu setiap bulan selama 3 bulan.

“Hari ini (Rabu, red) kita salurkan, semoga 1 sampai 2 hari dapat selesai” kata Bupati Indartato, saat memantau pelaksanaan pencairan BST di Kantor POS, dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Bupati berharap bantuan ini tepat sasaran karena sudah melalui proses verifikasi yang panjang di tingkat desa atau kelurahan. Ditengah pandemi seperti ini, masyarakat yang terdampak sangat membutuhkan.

“Manfaatkan bantuan sebaik-baiknya untuk mencukupi kebutuhan pokok keluarga” pesan bupati.

Penerima bantuan sosial tunai berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan bukan penerima bantuan sosial lain.

Seperti Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT). Untuk itu, jika masih ada masyarakat yang tidak masuk dalam data, bupati minta untuk melapor ke pemerintah desa atau kelurahan.

Editor: Dwi Purnawan
Sumber: Humas Pemkab Pacitan