BPBD Pacitan Siapkan 460 Tangki Guna Penanggulangan Dampak Kekeringan

oleh -0 Dilihat
Kalak BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan sudah menyiapkan 460 tangki guna penanganan dampak bencana kekeringan di musim kemarau yang diprediksi bakal melanda ratusan titik lokasi di Pacitan.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Pacitan, Didik Alih Wibowo mengatakan, untuk penanggulangan dampak kekeringan ini, BPBD akan menggunakan anggaran regular.

“Tidak ada relevansinya dengan realokasi anggaran penanggulangan wabah COVID-19,”kata Didik, Senin (11/5/2020).

Sebagai informasi, berdasarkan prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), musim kemarau di sebagian besar daerah zona musim diprediksi akan terjadi di bulan Agustus 2020.

Pada kesempatan yang sama, Didik juga mengatakan terkait penyediaan face shield atau pelindung wajah bagi pedagang pasar, saat ini tengah dipersiapkan produksi sebanyak 500 unit oleh para relawan.

“Hari ini yang dilakukan pembagian masker bagi pengunjung pasar yang kedapatan tidak memakai masker. Sebelumnya, Disperindag sudah membagikan 5.000 pcs. Ini tadi dari BPBD ada 200 pcs,” jelasnya.

Sebelumnya, juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan Rachmad Dwiyanto mengatakan, kalau gugus tugas meminta agar seluruh pedagang di pasar Minulyo, diwajibkan memakai face shield.

Hal tersebut sebagai langkah pemutusan mata rantai penyebaran coronavirus. Adapun untuk penyediaan face shield, BPBD yang akan mempersiapkan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan