Tanpa Sebab yang Jelas, ODGJ di Desa Kayen Pacitan Habisi Nyawa Seorang Nenek

oleh -16 Dilihat
PEMBUNUHAN. Polisi menangkap pelaku pembunuhan di Desa Kayen, Pacitan. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN — Aksi brutal orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), di Desa Kayen, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, membuat miris warga setempat.

Pasalnya, ODGJ tersebut sempat menghabisi nyawa tetangganya sendiri dengan sebilah sabit dan gergaji. Aksi kekerasan di bulan suci Ramadhan itu sempat menggegerkan warga Pacitan ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Dirangkum kabar, pelaku yang diketahui bernama Ribut, tanpa sebab yang jelas tiba-tiba mengamuk dan melabrak kediaman pasangan suami istri, Somin dan Katmirah, yang masih tetangganya sendiri.

Saat mendatangi rumah tetangganya itu, pelaku menenteng sebilah sabit dan gergaji. Belum diketahui secara pasti, sebab musababnya sehingga pelaku akhirnya menghabisi nyawa Katmirah dengan menebaskan sabit serta gergaji ke kepala dan tubuh korban.

Menurut Hendra, warga setempat, korban Katmirah langsung tewas di lokasi kejadian dengan luka bacokan di kepala dan sekujur tubuhnya. Saat ditemukan, jazad nenek malang itu, tersungkur di lantai rumah dengan bersimbah darah.

“Sementara Somin, suami Mbah Katirah, selamat. Meski kondisinya kritis dan masih menjalani perawatan intensif di salah satu klinik swasta di desa setempat,”ujarnya, Kamis (30/4/2020).

Saat ini, sejumlah petugas dari Satuan Res Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resor (Polres) Pacitan, tengah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan mengumpulkan barang bukti dan meminta keterangan  saksi-saksi.

Sementara pelaku, sudah berhasil diamankan petugas tanpa ada perlawanan. Kuat diduga, pelaku mengalami gangguan jiwa. Namun guna memastikan kondisi kesehatannya, polisi masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan