Hasil RDT 29 Orang Sekitar Lingkungan Tiga PDP di Pacitan Non Reaktif

oleh -0 Dilihat
Rapid Test Kit Coronavirus. (Foto: freepik.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Tim gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, terus bergerak cepat melakukan tracing dan rapid diagnostic test (RDT).

Salah satu yang dilakukan adalah melakukan RDT terhadap lingkungan keluarga tiga pasien dalam pengawasan (PDP) baru yang merupakan hasil temuan pada Sabtu (18/4/2020) lalu.

“Hari ini dilakukan rapid test terhadap lingkungan keluarga 3 PDP yang ditemukan hari sabtu kemarin, sebanyak 29,”kata Rachmad Dwiyanto, juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Senin (20/4/2020).

Dari RDT yang dilakukan ke 29 orang tersebut, Rachmad menyebut hasilnya adalah non reaktif.

“Alhamdulillah semua rapid test hasilnya negatif,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika ini.

Baca juga: Bertambah Tiga, PDP COVID-19 di Pacitan Jadi 8 Orang

Selain melakukan RDT terhadap lingkungan tiga PDP baru tersebut, lanjut Rachmad, tim juga melakukan pengambilan jaringan mucosa untuk swab test terhadap 1 pasien COVID-19 conform, 3 PDP dan 2 orang yang ditengarai kontak dengan pasien positif COVID-19.

“Maka dalam rangka pencegahan penularan virus SARS-CoV-2 kepada seluruh masyarakat Pacitan, diharapkan untuk memakai masker bila keluar rumah dan mengadakan interaksi sosial,”ujar Rachmad.

Selain itu, Rachmad juga mengimbau masyarakat untuk lebih baik tinggal dirumah, dan jangan keluar bila tidak ada kepentingan mendesak.

“Segera cuci tangan pakai sabun (CTPS) di air mengalir sebelum makan atau sebelum menyentuh mulut, hidung dan mata. Lain itu tetap jaga jarak fisik (physical distancing) saat berinteraksi dengan orang lain dan hindari berkerumun (social distancing),”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan