Satu ODP Pacitan Naik Status Menjadi PDP, Saat ini Jalani Uji Swab

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi tes Corona

Pacitanku.com, PACITAN – Pelacakan atau tracking bagi sejumlah orang yang kuat diduga pernah melakukan kontak langsung dengan pasien positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan, menujukan progres menggembirakan.

Juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, dari 18 orang dalam pemantauan (ODP) klasifikasi ketiga, hampir kesemuanya negatif hasil rapid test.

Namun ada satu ODP, yang kuat diduga mengarah ke pneumonia covid-19.

“Sehingga diduga saat ini statusnya ditingkatkan menjadi pasien dalam pengawasan (PDP),” kata Rachmad, saat mendampingi Bupati Indartato membagikan paket sembako bagi warga terdampak virus SARS-CoV-2 di Kecamatan Pringkuku, Jumat (17/4/2020).

Satu ODP yang naik status menjadi PDP tersebut, oleh tim medis akan ditindaklanjuti dengan uji swap guna memastikan apakah orang tersebut benar terinfeksi COVID-19 ataukah tidak.

“Tim medis akan menindaklanjuti dengan uji swab,” tegasnya.

Sementara itu, untuk hasil swab PDP ke empat yang saat ini dinyatakan positif corona masih menunggu hasil dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

Begitupun dengan PDP ke-5 yang saat ini masih menjalani karantina mandiri di rumah juga masih menunggu hasil.

“Untuk pasien positif corona, saat ini masih menjalani isolasi di RSUD dr Darsono Pacitan. Ia masih harus menjalani uji swapbsatu kali lagi. Untuk swab kedua, kita masih menunggu hasilnya. Ya semoga negatif dan dinyatakan sembuh,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan