Kondisi Pasien Positif Corona di Pacitan Semakin Membaik

oleh -0 Dilihat
Jubir Satgas COVID-19 Pacitan Rachmad Dwiyanto. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Kondisi kesehatan satu pasien terkonfirmasi positif coronavirus disease 2019 (COVID-19) di Pacitan semakin membaik.

Saat ini, pasien yang merupakan salah satu aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pacitan, tersebut sedang menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Darsono Pacitan.

Juru bicara percepatan penanganan COVID-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan, meski pasien positif COVID-19 dalam kondisi baik, akan tetapi pemeriksaan terus dilakukan.

“Setiap tujuh hari sekali dilakukan uji swab untuk mengetahui apakah pasien tersebut masih positif COVID-19 atau sudah negatif,” katanya, Sabtu (11/4).

Sesuai protap yang ada, lanjut Rachmad, setiap hari pasien terkonfirmasi positif COVID-19 harus menjalani uji swab di Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Kesehatan (RI) di Jakarta.

“Namun karena pertimbangan jarak yang sangat jauh, sehingga uji swab dilakukan selama 7 hari sekali,” jelasnya.

Seandainya dari uji swab nanti sudah tidak lagi terkonfirmasi positif COVID-19, uji swab tetap akan dilanjutkan, tujuh hari setelah ditetapkan negatif COVID-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan