Pemdes Pakis Baru Bersama Banser Lakukan Penyemprotan Disinfektan

oleh -1 Dilihat

Pacitanku.com, NAWANGAN —  Pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) masih jauh dari kata reda. Bahkan jumlah pasien positif terpapar virus SARS-CoV-2 tersebut terus bertambah.

Untuk itu, segenap elemen masyarakat ikut peduli dan memberikan sumbangsih agar upaya pencegahan penularan COVID-19 bisa tereduksi. Salah satunya dengan lebih mengintensifkan penyemprotan desinfektan.

Hal ini seperti dilakukan Pemerintah Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan. Melalui kader Desa Siaga dan bekerjasama  dengan Ansor Banser Pakis Baru serta Karang Taruna Satria Bhakti Pakis Baru, mereka melakukan aksi sosial penyemprotan disinfektan ke banyak titik bahkan sampai ke lorong-lorong.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari pasaran Pahing. Sebab hari pasaran Pahing, merupakan  satu – satunya pasaran di Desa Pakis Baru.

Penyemprotan di bagi menjadi 3 titik yakni dari arah Selatan atau dari arah Nawangan, dari arah Barat atau dari Menur dan Tempel serta yang ke tiga dari arah Utara atau dari arah Purwantoro.

Sugiyanto, Kepala Desa Pakis Baru mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya dari pemerintah desa untuk memutus mata rantai penyebaran Virus COVID- 19, khususnya ditempat umum salah satunya di pasar pahing Pakis Baru.

“Saya berharap agar Virus COVID-19 ini segera lenyap, agar masyarakat  Desa Pakis Baru bisa beraktifitas normal seperti biasanya,” harapnya, Senin (6/4).

Selain penyemprotan juga dilakukan edukasi keliling. Imbauan tersebut diantaranya agar masyarakat menjaga kebersihan, menjaga jarak (physical distancing), menjaga kesehatan, melakukan  isolasi mandiri bagi para warga yang baru saja mudik.

“Penyemprotan disinfektan ini akan selalu dilaksanakan  selama pendemi virus SARS-CoV-2 belum berakhir,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan