Pemkab Pacitan Jamin Ketersediaan Bahan Pokok Bulan Ramadhan-Idul Fitri

oleh -0 Dilihat
Sejumlah pedagang Pasar Minulyo Pacitan saat berjualan. (Foto: Dwi Purnawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN– Satuan gugus tugas percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (covid-19) Pemkab Pacitan, menjamin ketersediaan bahan pokok masih cukup untuk memenuhi kebutuhan saat Ramadhan dan hari raya Idul Fitri 1.441 Hijriah tahun 2020 Masehi.

Pernyataan itu disampaikan juru bicara percepatan penanganan covid-19 Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, Sabtu (4/4/2020).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Pacitan ini, hampir 11 komponen bahan pokok masih mencukupi untuk kebutuhan masyarakat saat menjelang Ramadhan dan hari raya. Hanya saja, gula pasir yang saat ini mulai berkurang.

“Semua ada dan cukup, gula pasir yang memang mulai menurun ketersediaannya,” kata Rachmad, merilis hasil rapat koordinasi dengan gugus tugas.

Menurunnya persediaan gula pasir, lanjut dia, karena terhambatnya pasokan dari daerah penghasil. Sebab beberapa daerah, saat ini sudah ada yang melaksanakan karantina lokal.

“Mungkin itu yang menjadi kendala, sehingga ketersediaan gula pasir terus menurun, kalau soal harga, sekalipun melambung sepanjang barangnya ada, tidak begitu menjadi masalah. Tapi sekarang ini, barangnya memang mulai menipis,” tuturnya.

Disinggung soal sayur-mayur dan holtikultura, Rachmad menegaskan, masih relatif aman. Meski pasokan yang dari Magetan, dimungkinkan sudah mulai tersendat. Sebab di Ponorogo, sudah ada penutupan akses jalan.

“Tetapi yang dari arah Tawangmangu, mungkin masih lancar sekalipun sedikit menurun dari kondisi normal sebelum terjadinya wabah coronavirus,” tegasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan