Animo Pemudik di Pacitan Mulai Menurun

oleh -0 Dilihat
terminal pacitan (dok.Pacitanku)
Terminal pacitan menjadi salah satu lokasi kedatangan pemudik di Pacitan. (dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN— Animo kedatangan pemudik ke Pacitan, dari hari ke hari mulai menunjukkan penurunan. Bahkan setiap hari hanya satu atau dua armada bus yang masuk Pacitan.

Juru bicara percepatan penanganan coronavirus disease 2019 (COVID-19) Pemkab Pacitan, Rachmad Dwiyanto, mengatakan, beberapa hari ini animo kedatangan pemudik ke Pacitan cenderung menurun.

“Melihat kecenderungan kedatangan pemudik bisa sedikit melegakan masyarakat Pacitan,” kata Rachmad, Sabtu (4/4).

Rachmad menegaskan, hasil pantauan satuan tugas dibeberapa titik perbatasan pintu masuk Pacitan, hanya ada beberapa bus yang datang. Seperti di perbatasan Donorojo misalnya, hanya ada dua bus yang masuk.

Kemudian di Desa Jeruk, Kacamatan Bandar, juga hanya ada dua bus.

“Pantauan kami pada tanggal 3 Maret dibandingkan tanggal 2 Maret, penurunan cukup signifikan. Semoga keadaan ini berlangsung terus sehingga keresahan masyarakat akan pendatang- pendatang akan berkurang,” harapnya.

Sementara, Rachmad berpesan, bagi pendatang yang sudah tinggal di Pacitan, diharuskan mengikuti protokol yang sudah ditentukan, yaitu karantina mandiri selama 14 hari.

“Dan bagi masyatakat Pacitan, bila keluar rumah mulai sekarang dibiasakan memakai masker, minimal masker dari kain. Hal tersebut diatas bisa mengurangi penularan virus corona,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan