Dinkes Pacitan Sudah Lakukan Karantina Mandiri Bagi Calon Panitia Haji

oleh -0 Dilihat
Plt Kadinkes Pacitan Trihariadi Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, menyatakan telah melakukan karantina mandir terhadap tiga panitia haji asal Pacitan, yang belum lama ini menghadiri kegiatan sosialisasi penyelenggaraan haji di asrama haji Sukolilo Surabaya.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinkes Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, menegaskan, ketiga calon panitia haji yang baru datang dari Surabaya, langsung dilakukan pemeriksaan dan diimbau melakukan karantina mandiri. Ketiga orang tersebut berasal dari Kementrian Agama (Kemenag) sebanyak satu orang dan tiga dari Dinas Kesehatan.

“Sampai hari ini mereka masih karantina mandiri. Dan kesemuanya dalam kondisi sehat,” kata dokter yang akrab disapa Hendra ini, Senin (30/3).

Hendra menegaskan, mereka memang tidak dilakukan perawatan di rumah sakit. Sebab kondisi mereka memang sehat dan tidak ditemukan gejala klinis yang mengarah ke covid-19.

Seperti diberitakan sebelumnya, bahwa belum lama ini Kantor Kemenag Pacitan memberangkatkan beberapa orang ke Surabaya dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan haji.

Namun tak lama kemudian, dikabarkan satu dari peserta asal Kediri, meninggal dunia dan diduga terinfeksi covid-19.

Namun begitu, Kepala Kemenag Pacitan, KH Moh Nurul Huda, menegaskan, kalau satu peserta asal Kediri yang meninggal dunia, bukan karena terinfeksi covid-19. Melainkan ada penyakit bawaan. Sebab dikabarkan, yang bersangkutan pernah menjalani operasi pemasangan ring pada jantungnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan