Terapkan Physical Distancing, Pemkab Pacitan Gelar Rapat dengan Vidcon

oleh -13225 views
Pendopo Kabupaten Pacitan
Pendopo Pemerintah Kabupaten Pacitan. (Foto: Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Banyak pihak sudah mulai melakukan sterilisasi badan dengan semprotan disinfektan, mengenakan masker penutup mulut, menjaga jarak agar kontak fisik antartubuh manusia atau physical distancing yang berpotensi dihinggapi coronavirus disease 2019 (COVID-19) tidak terjadi.

Anjuran sederhana namun penting ini merupakan protokol dasar pencegahan penularan COVID-19 yang diperintahkan World Health Organization (WHO). Protokol ini juga telah diadopsi sebagai panduan oleh Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Indonesia.

Baca juga: Physical Distancing, Bawaslu Pacitan Gelar Rapat dengan Vidcon Bersama 12 Panwaslu

Karenanya, mulai Senin (29/3/2020), Pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Pacitan juga mulai menerapkan protokol tersebut di lingkungan lembaganya, utamanya physical distancing dengan melakukan rapat dalam jaringan (daring) dengan sistem video conference (vidcon).

Hal tersebut merupakan bagian dari physical distancing atau menjaga jarak sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Pacitan, Rachmad Dwiyanto mengatakan pihaknya pada Ahad tadi sudah dilaksanakan vidcon. Namun tempatnya di Mapolres Pacitan.

“Besok kita sudah memulai melakukan rapat dengan vidcon,” kata Rahmad, Ahad (29/3).

Menurut Rahmad, agenda Vidcon besok utamanya terkait implementasi Inpres 4 Tahun 2020.

“Hanya melibatkan Sekkab, Kepala Bappeda dan Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah. Insyaallah pukul 09.00 WIB Vidcon dilaksanakan,” jelasnya.

Menurut rencana, lanjut dia, vicon juga akan digelar pagi hari. Dengan melibatkan fraksi-fraksi DPRD. “Menurut rencana, Pak Bupati bersama Wabup dan Sekda, saat vidcon dengan fraksi-fraksi DPRD,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan