Pasien PDP Asal Desa Dadapan Pringkuku Dinyatakan Negatif COVID-19

oleh -13802 views
Petugas berpakaian APD lengkap berupa baju hazmat mendorong tempat tidur beroda tempat pasien berstatus dalam pengawasan Corona menuju ruang isolasi RSUD dr. Iskak Tulungagung, Jumat (13/3/2020) (ANTARA/Destyan Handri Sujarwoko)

Pacitanku.com, PACITAN – Ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19) yang semakin menjadi, kabar gembira datang buat masyarakat Pacitan. Itu setelah hasil laboratorium pasien dalam pengawasan (PDP) seorang warga Desa Dadapan Kecamatan Pringkuku, dari Kementrian Kesehatan, yang dinyatakan negatif dari COVID-19.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, mengatakan bahwa hasil laboratorium pasien PDP dari Kemenkes telah keluar Sabtu sore.

“Hasilnya negatif, Alhamdulillah. Semoga informasi ini bisa meredakan tingkat kepanikan masyarakat,” ujarnya, Sabtu (28/3) malam.

Meski ada kabar gembira tersebut, namun dokter yang akrab disapa Hendra ini meminta masyarakat tetap waspada dan lebih berhati-hati. Jangan lupa kedepankan prilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan sesering mungkin melakukan cuci tangan pakai sabun (CTPS).

“Jangan lupa tetap laksanakan physical distancing, sebab itu salah satu cara dan imbauan WHO guna pencegahan covid-19,” pesannya.

Diberitakan sebelumnya, pasien perempuan tersebut sejak Jumat (13/3/2020) lalu dirawat di  RSUD dr Iskak Tulungagung. Pasien yang diterima tersebut berstatus PDP COVID-19 dengan gejala batuk, pilek disertai demam dengan riwayat barusan perjalanan dari Hong Kong dan sempat transit di Singapura.

Setelah kondisi membaik, perempuan yang juga TKW dari Hongkong tersebut kembali dibawa ke Pacitan pada Selasa (24/3/2020) dan sempat berada di RSUD dr Darsono sambil menunggu hasil tes swab yang akhirnya dinyatakan negative COVID-19.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan