Dinas Perikanan Pacitan Terus Semprot TPI Bergantian

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN — Upaya pencegahan dan penanganan coronavirus disease (covid-19) terus dilakukan satuan tugas Pemkab Pacitan. Khususnya di wilayah perairan Pacitan, penanganan wabah virus mematikan itu terus dilakukan Dinas Perikanan.

Hari ini mereka terus bergerak melakukan kegiatan sosialisasi dan memberikan imbauan.

“Kita imbau melalui gerakan kebersihan, cuci tangan pakai sabun (CTPS), physical distancing dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) kepada para nelayan di tempat pelelangan ikan (TPI) yang ada di Pacitan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Pacitan, Sumorohadi, Jumat (27/3).

Selain memberikan sosialisasi, tim juga melaksanakan penyemprotan disinfektan di semua TPI, mulai dari TPI Ngobyok Sudimoro, Tawang Ngadirojo, Wawaran Kebonagung , Tamperan, Watukarung, dan tempat pendaratan kapal wisata Pantai Ngiroboyo serta sungai Maron.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk mencegah pemyebaran Covid-19 di Pacitan.

“Mengingat TPI tempat berkerumunnya orang banyak, para nelayan dan bakul ikan. Termasuk para andon dari luar daerah, sehingga sangat perlu diantisipasi melalui penyemprotan disinfektan,” jelas Sumorohadi.

Perlu diketahui bahwa sampai saat ini di Pacitan, sebagaimana rilis yang disampaikan Bupati Pacitan Indartato, per Kamis tanggal 26 Maret 2020 kemarin, orang yang dipantau terkait COVID-19 di Pacitan ini sebanyak 1.733.

Sementara untuk orang sehat dalam risiko (ODR) sebanyak 1.601, orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 130, pasien dalam pengawasan (PDP) satu dan selesai dipantau 26 orang.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan