Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Pacitan Lakukan Sterilisasi Perbatasan

oleh -0 Dilihat
Jaga Perbatasan. Anggota Satgas COVID-19 Pacitan saat mengecek chamber di perbatasan Pacitan-Wonogiri, belum lama ini. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN— Dua titik pintu masuk Kabupaten Pacitan, mulai disterilkan dalam rangka pencegahan terhadap coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Pada Kamis (26/3/2020) hari ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Asisten Pemerintahan Umum beserta camat dan Komandan Rayon Militer (Danramil) melakukan survei untuk penempatan chamber penyemprotan disinfektan.

“Yang di perbatasan Donorojo-Batu caption yang dari Solo- Jakarta dan Desa Cemeng caption yang dari Yogyakarta,” kata Rachmad Dwiyanto, Kepala Diskominfo Kabupaten Pacitan, Kamis (26/3/2020).

Dengan begitu, lanjut dia, wilayah barat nantinya sudah ada dua titik untuk menghadang arus penumpang atau lintas orang yang hendak masuk atau keluar Pacitan.

Selain itu, juga akan dikembangkan ke tiga titik perbatasan lainnya. Meliputi Kecamatan Sudimoro, Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo dan Desa Jeruk Kecamatan Bandar.

“BPBD sudah kita koordinasikan dan siap membantu. Untuk kesiapan personel nanti akan kita siapkan secara terpadu antara satgas, OPD terkait, camat, koramil, polsek, desa serta para relawan yang akan dikoordinasikan oleh camat setempat,” jelasnya.

Selain chamber, juga akan disiapkan tenda bagi para petugas. Aktivitas di pos COVID-19 perbatasan Pacitan, meliputi pemeriksaan, pendataan dan penyemprotan disinfektan bagi para pengendara dan kendaraannya.

“Semua penumpang, kendaraan umum, pribadi dan niaga serta motor. Kegiatan ini untuk mengantisipasi penularan COVID-19 agar tidak menyebar di Pacitan,”kata dia.

Hal ini, imbuhnya, juga sekaligus memberikan rasa aman bagi masyarakat yang saat ini ada sebagian yang cemas terhadap kedatangan para pendatang dari luar kota dan luar negeri

“Utamanya yang berasal dari daerah terpapar COVID-19,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.