Masyarakat Pacitan Diminta tak Panik dengan Munculnya Hantavirus di China

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN –Ditengah wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19, saat ini masyarakat kembali dihantui hadirnya virus baru bernama hantavirus.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Trihariadi Hendra Purwaka mengatakan hantavirus dikabarkan lebih ganas ketimbang coronavirus. Bahkan dalam hitungan jam, pasien yang terinfeksi virus ini akan mati.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, lanjut dokter yang akrab disapa Hendra ini, virus yang satu ini menyebar lewat tikus dan lebih mematikan dari COVID-19. Namun demikian, Hendra meminta masyarakat tidak panik dengan munculnya virus tersebut.

“Orang yang terinfeksi akan mati dalam hitungan jam saja. Namun ini masih perlu konfirmasi lebih dalam lagi. Sebab belum sempat menyebar seperti COVID-19,”katanya, Rabu (25/3/2020) di Pacitan

Hantaviruses ini di Amerika lebih dikenal dengan  “dunia baru” Hantavirus. Virus ini dapat menyebabkan Hantavirus pulmonary syndrome (HPS). Hantavirus yang lain dikenal dengan “dunia lama” Hantavirus yang kebanyakan di Eropa dan Asia. Virus yang ini menyebabkan Hemorrhagic fever dengan renal syndrome (HRFS).

Kemunculan Hantavirus ini membuat panik karena bersamaan dengan mewabahnya Virus Corona COVID-19 yang telah menginfeksi sebanyak 400 ribu orang lebih dan telah membunuh puluhan ribu orang di 160 negara.

Yang sedikit melegakan, meski daya membunuhnya lebih dasyat dari Virus Corona COVID-19 namun virus ini tak menular dari satu manusia ke manusia. Berbeda dengan COVID-19 yang dapat menular sehingga saat ini telah menyebar.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan