Plt Kadinkes: Pacitan Masih Negatif COVID-19

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi Corona

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, Trihariadi Hendra Purwaka, meminta agar masyarakat tidak panik, seiring menyebarnya data berkelanjutan terkait orang sehat dalam resiko (ODR), ataupun orang dalam pemantauan (ODP) serta pasien dalam pemantauan (PDP) coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Menurut dokter yang akrab disapa Hendra ini, sampai detik ini di Pacitan belum ada warga masyarakat yang positif terinfeksi COVID-19.

“Kalau soal data, itu memang sebagai langkah antisipasi pemkab sedari dini. Agar ketika terjadi sesuatu hal terkait covid-19, bisa segera tertangani,” ujar Hendra disela-sela menggelar rapat koordinasi dengan satuan gugus tugas (Satgas) penanganan COVID-19, Ahad (22/3/2020).

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini mengungkapkan, agar masyarakat jangan resah dengan data ODR yang jumlahnya mencapai ratusan orang tersebut. Sejatinya kalau ditinjau lebih jauh lagi, jumlahnya bisa mencapai ribuan orang.

“Data itu sebagai langkah antisipasi awal. Jadi jangan panik, belum ada masyarakat di Pacitan yang positif terinfeksi COVID-19,” jelas Hendra.

Plt Kepala Dinas Kesehatan T Hendra Purwaka. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Lebih lanjut dia mengungkapkan, ODR, itu orang yang diduga pernah bepergian dari daerah outbreak COVID-19. Atau mereka yang pernah merantau sebagai tenaga kerja Indonesia atau tenaga kerja wanita ke luar negeri, lantas pulang ke Pacitan.

“ODR itu orangnya sehat wal afiat. Kecuali kalau mereka ada indikasi sakit flue kemudian ada masalah di paru-parunya, baru mereka itu masuk kategori ODP dan bisa dinaikkan menjadi PDP setelah melalui pemeriksaan epidemiologi,” jlentrehnya.

Terkait status siaga COVID-19, Hendra menjelaskan masih terus berlangsung sampai 31 Maret nanti. Apakah akan diperpanjang atau dinaikan statusnya, Hendra menegaskan masih menunggu instruksi dari pusat.

“Kita tunggu instruksi pusat, soal status siaga akan diperpanjang atau dinaikkan,” pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.