Satpol PP-Polres Pacitan Gelar Operasi Cipta Kondisi Antisipasi COVID-19

oleh -0 Dilihat
Satpol PP-Polisi saat gelar operasi cipta kondisi, Sabtu malam. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Pacitan bersama Kepolisian Resor (Polres) Pacitan melakukan gelar operasi cipta kondisi penanganan wabah coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Kegiatan yang digelar pada Sabtu (21/3/2020) malam WIB tersebut diawali dari gereja yang ada di kawasan Kelurahan Pucangsewu.

Setelah memberikan imbauan, agar selalu waspada terkait wabah COVID-19, tim gabungan langsung menuju alun-alun Pacitan.

Saat berada di alun-alun, personil Satpol PP dengan dibantu Satuan Bhayangkara (Sabhara) Polres Pacitan juga tak henti-hentinya memberikan sosialisasi terkait pencegahan COVID-19.

Sejurus kemudian, tim gabungan langsung bergerak menuju kawasan jalur lintas selatan (JLS) Kelurahan Sidoharjo. Sebab ada laporan masyarakat, bahwa di seputaran JLS, tepatnya di dekat gedung Kantor Agraria dan Tata Ruang (ATR) Badan Pertanahan Nasional (BPN) banyak berkumpul masyarakat dari komunitas truk engkel.

Pantauan wartawan di lapangan, puluhan truk berjajar di tepian badan jalan. Namun tidak diketahui secara pasti apa kegiatan yang mereka lakukan.

Kepala Bidang Trantib Satpol PP Pacitan Purbo Hermanu mengatakan, gelar operasi cipta kondisi malam itu bertujuan untuk pencegahan wabah COVID-19.

“Kita imbau agar masyarakat menghindari kontak langsung (sosial distancing) dan menghindari perkumpulan massa dalam jumlah besar. Semua itu kami lakukan demi pencegahan penyebaran COVID-19,” kata Purbo, yang saat itu tengah melakukan pemantauan kegiatan cipta kondisi, Sabtu (21/3).

Kegiatan ini akan terus dilakukan sampai darurat coronavirus dicabut oleh gugus tugas. “Operasi ini akan terus dilakukan sampai status siaga COVID-19 dicabut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Pacitan, Widi Sumardji, menegaskan setiap malam pihaknya telah menerjunkan personil piket. Mereka akan melakukan kegiatan cipta kondisi bersama instansi terkait.

“Malam ini sudah kita terjunkan sejumlah personil untuk melakukan kegiatan cipta kondisi bersama Mapolres. Harapan kita, masyarakat paham dan bisa menghindari kegiatan yang tidak begitu urgent diluar rumah. Sebab saat ini wabah COVID-19 memang semakin menjadi-jadi,” tandasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.