Pemkab Pacitan Lakukan Penyemprotan di Sekolah Hingga Terminal

oleh -0 Dilihat
BERSIH-BERSIH. Sekda Pacitan saat menyemrpotkan cairan disinfektan mencegah korona, Jumat (20/3/2020). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melakukan penyemprotan cairan disinfektan untuk mencegah penyebaran coronavirus disease 2019 (COVID-19) di sejumlah titik, yakni di sekolah hingga terminal.

Pada Jumat (20/3/2020), Sekretaris Daerah Heru Wiwoho memantau pelaksanaan kerja bhakti sekolah bersama Kapolres Pacitan, Danramil 0801 didampingi para Asisten Sekda, Dinas Pendidikan, BPBD serta Dinas Kesehatan. Selain di MTs Negeri pemantauan juga dilakukan di SDN Pacitan, SMPN 1 Pacitan serta SMAN 1 Pacitan.

 “Bersama bapak ibu guru dan staf sekolah kita lakukan gerakan serentak membersihkan lingkungan sekolah serta menyemprotkan disinfektan” kata Heru Wiwoho saat memantau kegiatan kerja bakti di Madrasah Tsanawiyah Negeri, Jumat (20/03/2020) seperti dikutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Langkah ini menurut Heru, merupakan bagian dari rencana aksi melakukan percepatan pencegahan COVID-19. Mengingat, perkembangan dan penyebaranya yang sangat cepat. Lingkungan sekolah merupakan tempat berkumpul yang juga memiliki resiko besar. Untuk itu, semasa siswa belajar di rumah dilakukan upaya sterilisasi.

Sekda Heru Wiwoho sangat apresiasi kepada seluruh guru yang dengan pro aktif melakukan kegiatan kerja bakti.

Sterilisasi Terminal

Sterilisasi kawasan terminal oleh Pemkab Pacitan pada Kamis (19/3/2020) kemarin. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Sehari sebelumnya, kegiatan serupa juga dilakukan di terminal bus Pacitan. Sosialisasi gencar dilakukan agar masyarakat tetap disiplin dan waspada menjaga lingkungan dan keluarganya secara mandiri.

 “Bersama-sama, Forkopimda, Dinas Kesehatan serta Dinas Perhubungan melakukan kegiatan nyata penyemprotan disinfektan di terminal bus Pacitan” kata Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Kamis (19/3/2020) kemarin.

Selain fasilitas terminal penyemprotan cairan disinfektan juga dilakukan untuk armada bus yang masuk terminal. Penyemprotan dilakukan tiga petugas dari Dinas kesehatan dengan menggunakan pakaian khusus lengkap. Beberapa petugas lain membagikan selebaran imbauan menghadapi covid 19 kepada masyarakat yang ada di terminal.

“Kegiatan seperti ini akan kita lakukan terus terutama di tempat-tempat umum dan kita berharap virus korona tidak sampai di Pacitan” imbuhnya.

Pemkab juga meningkatkan pengawasan terhadap mobilitas masyarakat yang datang dan pergi. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi agar resiko penyebaran tidak semakin meluas.

Sumber: Humas Pemkab Pacitan