Pemkab Pacitan Imbau Masyarakat Perbanyak Qunut Nazilah Ikhtiar Waspada COVID-19

oleh -0 Dilihat
Sekkab Pacitan, Heru Wiwoho Supadi Putro. (Foto: Yuniardi Sutondo).

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan mengeluarkan surat imbauan nomor 45.1/676/408.13/2020 tentang ikhtiar kewaspadaan terhadap coronavirus disease 2019 (COVID-19).

Dalam surat yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Pacitan Heru Wiwoho Supardi Putra pada Rabu (18/3/2020) tersebut, imbauan ditujukan kepada camat, kepala desa, lurah, pengasuh pondok pesantren, takmir masjid dan mushola se-Kabupaten Pacitan.

Dalam isi imbauannya, Heru mengatakan dengan memperhatikan kondisi yang saat ini terkait COVID-19, maka diimbau agar masyarakat Pacitan selalu mendekatkan diri dan memohon perlindungan kepada Allah SWT.

Dalam surat tersebut, Heru meminta, bagi yang beragama Islam melaksanakan ikhtiar lahir sesuai protocol kesehatan dan ikhtiar batin. Adapun ikhtiar batin adalah.

“Menyempurnakan wudhu, melakukan dzikir dan doa setiap sehabis shalat fardhu, memperbanyak membaca Al-Qur’an,”kata Heru.

Selain itu, Heru juga mengimbau masyarakat untuk melaksanakan shalat sunat Taubat dan memperbanyak bacaan Istighfar, tasbih, tahmid, takbir, tahlil dan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. “Membaca Qunut Nazilah setiap shalat fardhu,”kata Heru.

Bagi yang beragama lain, Heru mengimbau agar menyesuaikan sesuai kepercayaan masing-masing.

Selain imbauan tersebut, sebelumnya Pemkab Pacitan juga sudah membentuk gugus tugas COVID-19 dengan salah satu kebijakannya adalah belajar mandiri bagi siswa sekolah hingga pemberlakuan shift kerja bagi aparatur sipil Negara (ASN).