Lomba Desa Tetap Dilanjutkan Meski Pacitan Tetapkan Siaga COVID-19

oleh -0 Dilihat
Wabup Yudi Sumbogo saat rakor penanganan COVID-19 pada Senin (16/3/2020). (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN– Keputusan Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo untuk tetap melanjutkan kegiatan lomba desa, dinilai sangat beresiko tinggi dalam hal serangan coronavirus disease ,(COVID-19). Pasalnya, kegiatan tersebut akan menyedot konsentrasi massa. 

Namun begitu, sesuai hasil rapat koordinasi lintas OPD, kegiatan lomba desa di 12 Kecamatan dan desa akan tetap dilanjutkan.

“Untuk lomba desa masih tetap dilanjutkan, dengan catatan tidak melakukan kegiatan seremonial yang berpotensi mendatangkan massa,” ujar Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo, usai menggelar rapat koordinasi lintas OPD penanganan coronavirus, Senin (16/3).

Terpisah, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Sanyoto, membenarkan lomba desa akan tetap berlanjut. Sebab dari Pemprov Jatim juga tidak ada instruksi menunda atau menghentikan kegiatan lomba desa.

Hanya saja, lanjut dia, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan catatan-catatan tertentu. “Misalnya meniadakan kegiatan seremonial,” kata Sanyoto.

Menurut pejabat jebolan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) ini, lomba desa dilaksanakan hanya wawancara antara kepala desa dengan tim penilai.

“Jadi nggak ada yang lain. Hanya wawancara, selesai,” jlentrehnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Editor: Dwi Purnawan