Abrasi Sungai Grindulu di Semanten Semakin Meluas

oleh -1 Dilihat
DAS Aliran Grindulu di Dusun Ngawen, Semanten mengalami keretakan akibat banjir. (Foto: Yuniardi Sutondo)

Pacitanku.com, PACITAN – Abrasi di bantaran Sungai Grindulu, tepatnya di Dusun Ngawen, Desa Semanten, Pacitan, kian meluas.

Bahkan pada Senin (2/3/2020) malam, akibat diguyur hujan deras debit air sungai mulai meluap dan kembali menggerus tebing pengaman sepanjang tiga meter lebih.

Kepala Desa Semanten, Muhammad Sarifudin Hidayat mengatakan, sejak semalam warga yang bermukim diseputaran bantaran kali mulai bersiap-siap mengungsi.

“Kondisinya sudah sangat mengkhawatirkan. Karena itu kami mengimbau warga untuk waspada dan bersiap mengungsi,” ujarnya, Selasa (3/3/2020).

Baca juga: Puluhan Rumah di Semanten Pacitan Terancam Hanyut

Ipud, begitu kades berbasis ASN ini akrab disapa mengatakan, direncanakan Rabu (4/3/2020) besok, Bupati Pacitan Indartato akan meninjau lokasi bencana tersebut.

“Ini tadi sudah ada koordinasi dari protokoler dan juga Satpol-PP serta camat. Direncanakan, besok Pak Bupati hendak meninjau lokasi bencana tersebut,” jelas Ipud.

Terpisah, Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan, Didik Alih Wibowo, membenarkan adanya abrasi yang semakin melebar di bantaran sungai Dusun Ngawen Desa Semanten tersebut. Untuk itu ia mengimbau masyarakat agar tetap waspada.

“Semalam kami terjun ke lokasi. Kami imbau masyarakat bisa memitigasi secara pribadi. Dan tetap kami imbau selalu waspada,” tandas Didik yang saat itu masih berada di Kecamatan Bandar, dalam rangka meninjau bencana alam.

Baca juga: BBWS Bengawan Solo Lakukan Kajian Teknis Soal Bencana Desa Semanten

Sementara itu, jumlah warga terdampak abrasi sungai Dusun Ngawen Desa Semanten, tercatat sebanyak 25 kepala keluarga. Selain itu satu fasilitas umum berupa Puskesmas pembantu juga terancam hanyut seandainya terjadi banjir susulan.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.