Percepat Pembangunan, Bupati Pacitan Minta Dukungan DPD RI

oleh -0 Dilihat
TEMU DPD. Indartato dan DPRD Pacitan saat bertemu ketua DPD RI La Nyalla, Rabu (26/2/2020). (Foto: Dok DPD RI)

Pacitanku.com, JAKARTA— Bupati Pacitan Indartato meminta dukungan dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dalam rangka percepatan pembangunan beberapa sektor strategis di Kabupaten Pacitan.

Hal itu menyusul masuknya kabupaten yang merupakan kampung halaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut di dalam Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi di Gerbangkertosusila, BTS dan Selingkar Wilis, Jawa Timur.

Dalam siaran pers yang diterima Pacitanku.com, Indartato mengatakan ada tujuh proyek strategis nasional di wilayahnya.

Proyek tersebut sumber pendanaannya berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Selain itu juga ada satu program yang didanai melalui skema Kerjasama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU).

“Kami berharap Bapak Ketua DPD RI dapat memberikan dukungan kepada kami agar kementerian terkait memberi atensi,”kata Indartato saat diterima Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti Rabu (26/2/2020) di gedung Nusantara III, Senayan, DKI Jakarta,.

Beberapa proyek strategis tersebut di antaranya, pembangunan dermaga dan fasilitas pelabuhan Gelon serta akses jalan dari Jalur Lintas Selatan menuju pelabuhan tersebut.

Selain itu, infrastruktur lainnya adalah pembangunan akses antara kawasan di Geopark Gunungsewu serta pembangunan parapet dan rehabilitasi pengaman tebing sungai.

Baca juga: Siapkan Rp890 Juta, DPUPR Pacitan Segera Rekonstruksi Tanggul Parapet di Kembang

Selain itu, beberapa pantai juga akan ditata menjadi terintegrasi di dalam kawasan geopark, diantaranya Pantai Klayar, Pantai Srau dan Pantai Pancer Dorr.

“Sedangkan untuk pengembangan kakao dan kopi Arabika akan dikerjasamakan dengan swasta, melalui mekanisme KPBU,”imbuh Indartato.

Menanggapi aspirasi tersebut, LaNyalla menyampaikan sudah menjadi kewajiban DPD RI untuk mendukung percepatan pembangunan di daerah. Karena DPD RI adalah wakil daerah.

“Pasti kami akan memberikan dukungan. Teknisnya nanti bisa melalui alat kelengkapan yang ada untuk ditanyakan kepada kementerian terkait,” tandas LaNyalla yang didampingi Wakil Ketua III DPD RI Sultan Baktiar Najamudin.

Menurut LaNyalla, pihaknya juga sudah menyampaikan kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa bahwa DPD RI siap mendukung implementasi Perpres 80 tahun 2019 tersebut.

“Tapi saya titip pesan, program atau proyek apapun di daerah, usahakan agar pengusaha lokal atau pengusaha setempat terlibat. Jangan cuma jadi penonton,”ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Indartato turut didampingi Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayuaji dan Kepala Dinas Perhubungan Wasi Prayitno.

Selain itu turut hadir sejumlah anggota komisi IV DPRD Pacitan, diantaranya Lancur Susanto (Partai Golkar), Pujo Setyohadi (Partai Demokrat), Heru Puspo Handoyo (Partai Demokrat).

Kemudian juga Widadi (PDIP), Budi Sarwono (Partai Golkar), Tumardi (Partai Demokrat), Sediono (Gerindra), Samsuri (PPP), Ridwan Purnomo Aji (PKB), Hariawan (Nasdem), Meilia Windiyana (PDIP), Suprihati Winarcahyani (Partai Demokrat) dan Rudi Hartoyo (Hanura).