Afghani Tanam Masal 2000 Bibit Porang di Desa Pucangombo

oleh -0 Dilihat

Pacitanku.com, TEGALOMBO — Bakal Calon Bupati Pacitan, Afghani Wardana bersama dengan warga melakukan penanaman masal 2000 bibit porang di Desa Pucangombo Kecamatan Tegalombo, Pacitan, Ahad (16/02/2020).

Afghani Wardana yang juga Kadispora Surabaya itu menjelaskan bahwa beberapa waktu yang lalu, kata Afghani, dirinya mendampingi Walikota menemui Konsulat Jenderal Indonesia di Pakistan.

“Dari pembicaraan kami peluang untuk ekspor hasil bumi dan rempah-rempah sangat terbuka, tinggal bagaimana Indonesia menindak lanjuti hal itu terutama petani yang menanam hasil bumi seperti kunyit, porang dan lainnya serta rempah-rempah seperti cengkeh. Ini adalah peluang bagi para petani untuk melakukan ekspor tanaman hasil bumi dan rempah-rempah ke India dan Pakistan,” jelas Afghani Wardhana.

Untuk itu, hari ini bersama warga Desa Pucangombo dirinya menanam Porang.

Menurutnya, tanaman ini sangat bermanfaat untuk bahan kosmetik dan bahan makanan sehingga memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi.

Kegiatan ini, lanjut Afghani adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat

“Sehingga masyarakat di Pacitan tidak hanya bergantung dengan tanaman yang selama ini ditanam, seperti ketela pohon dan lain sebagainya, masyarakat punya tanaman alternatif yang terbuka untuk pemasaran nasional dan internasional,” Lanjut putra KH Ali Murtadlo itu.

Afghani juga menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan langkah awal.

“Kedepan, kita juga akan menyediakan bibit lagi untuk ditanam dibeberapa tempat di Pacitan, harapan kami adalah masyarakat petani di Pacitan bisa meningkat kesejahteraannya dengan menanam tanaman yang bernilai ekonomi tinggi,seperti porang ini,”pungkasnya.

Kepala Desa Pucangombo, Sarmidi, yang ikut mendampingi kegiatan itu mengucapkan terima kasih dengan bantuan bibit porang.

“Bantuan bibit porang ini sangat membantu sekali mas, karena saat ini Porang memiliki nilai jual yang bagus, banyak yang ingin menanam namun kendalanya adalah modal untuk membeli bibit dan hari ini kami mendapatkan bantuan dari Pak Afghani, sangat membantu kami dalam mengembang biakan tanaman ini, karena porang cukup ditanam sekali dan bisa untuk seterusnya,”jelasnya.

Salah seorang warga, Nur, juga mengapresiasi dengan kegiatan penanaman masal bibit porang didesanya itu.

“Dengan kegiatan ini dapat membantu masyarakat untuk menanam tanaman yang saat ini lagi tren, harganya di pasar bagus dan harapan kami akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Pucangombo ini.”jelasnya.

Kegiatan penanaman masal bibit porang diakhiri dengan foto bersama antara Warga Desa Pucangombo dengan Afghani Wardana.

Pewarta: Yahya Ali Rahmawan
Penyunting: Dwi Purnawan