Kodim 0801/Pacitan Gelar Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial Triwulan I 

oleh -13366 views

Pacitanku.com, PACITAN — Komando Distrik Militer (Kodim) 0801/Pacitan menggelar kegiatan pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial pada  Triwulan I tahun 2020.

Kegiatan tersebut digelar pada Kamis (13/2/2020) di aula Makodim 0801/Pacitan Jalan Letjed Suprapto nomor 42 Pacitan.

Kegiatan bidang teritorial yang dilaksanakan pada setiap triwulan tersebut, diikuti oleh seluruh Bintara Pembina Desa (Babinsa) Jajaran Kodim 0801/Pacitan.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengasah kemampuan Aparat Teritorial (Apter) guna menunjang tugas sehari-sehari sehingga tugas dapat tercapai dengan hasil yang lebih baik.

Dalam sambutanya Komandan Kodim 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi mengatakan Kodim mempunyai tugas pokok yaitu teritorial untuk ketahanan di darat.

“Untuk mendukungnya kita harus bersinergi dengan intansi lainya. Sikap teritorial wajib dikuasai oleh aparat kewilayahan, yaitu senyum, sapa, saling menghargai dan saling membantu satu sama lain dan bergotong royong, laksanakan orientasi di wilayah kita bertugas dan  harus cepat beradaptasi,”kata Dandim.

Lebih lanjut, Dandim mengatakan, sebagai aparat kewilayaan harus bisa temu cepat dan lapor cepat terhadap perkembangan situasi yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Lakukan komunikasi dengan baik  kepada masyarakat yang ada diwilayah sehingga kita bisa mengambil keterangan maupun informasi dari masyarakat,”tandasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Danramil 0801/Sudimoro Kapten Chb Joko Prasetyo.

Dalam pemaparannya, Danramil mengatakan aparat kewilayahan perlu memahami dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial.

Oleh karena itu, kata Danramil, aparat harus memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam menjalankan tugas, serta mampu berintegrasi dengan komponen bangsa lainnya.

“Melalui kegiatan ini saya berharap bisa memberikan motivasi, dorongan kepada prajurit Kodim 0801/Pacitan dalam rangka menyukseskan tugas pokok aparat kewilayahan, Sebagai aparat kewilayahan prajurit Kodim 0801/Pacitan bisa meningkatkan penguasaan wilayah, diantaranya, Geografi, Demografi dan kondisi sosial,”jelasnya.

Sehingga, dia berharap para Babinsa mampu memahami tugas dan fungsinya sebagai Aparat Kewilayahan, sehingga tidak ada keraguan dalam mengaplikasikanya di lapangan.

Sementara, Danramil 0801/02 Kebonagung Letda Arh Ismani selaku pemberi materi berikutnya menyampaikan sikap teritorial adalah sikap yang berupa kedekatan TNI dengan rakyat.

“Terutama di daerah TNI bertugas, yang paling utama sebagai aparat kewilayahan adalah sikap sopan santun saling menghormati antara orang lain, suku, adat dan mempelopori usaha-usaha masyarakat serta dapat terpelihara kemanunggalan TNI-Rakyat,”katanya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan