Antisipasi Virus Corona, Dinkes Pacitan Bentuk Kader Posyandu Setiap Desa

oleh -0 Dilihat
Eko Budiono. (Kepala Dinas Kesehatan Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN –  Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan, pastikan sampai saat ini belum ada warga terduga terpapar serangan virus corona.

Namun begitu, Kepala Dinkes setempat, Eko Budiono, meminta agar semua jajaran unit pelaksana teknis (UPT) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) yang ada di Pacitan siaga.

“Kita selalu mengikuti arahan dari pusat maupun provinsi, terkait antisipasi serangan virus corona. Bahkan semua Puskesmas telah kita siapkan untuk segera mengambil langkah-langkah kedaruratan seandainya ditemukan ada pasien yang mengalami gejala klinis terpapar virus corona,” ujar Eko, melalui ponselnya, Ahad (9/2/2020).

Menurut Eko, kesiagaan terhadap serangan virus corona bukan hanya di Puskesmas. Namun pihaknya juga telah mempersiapkan kader-kader Posyandu di setiap desa.

“Mereka siaga aktif. Seandainya menemukan warga atau pasien dengan gejala mengarah ke virus corona agar segera bertindak dan melaporkan ke Puskesmas ataupun langsung ke Dinkes,” jelas Eko.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan pemeriksaan epidemiologi, termasuk uji laboratorium bagi pasien yang mungkin memiliki gejala klinis serangan virus corona.

“Kita juga telah perintahkan ke semua puskesmas untuk selalu mempersiapkan obat penurun panas, dan obat flu lainnya sebagai langkah antisipasi. Dan untuk laboratorium, kita sudah koordinaai dengan Pemprov Jatim,”pungkasnya.

Pewarta: Yuniardi Sutondo
Penyunting: Dwi Purnawan