KPU Buka Pendaftaran PPK Pilbup Pacitan 2020

oleh -1.631 views
Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) dan Sumber Daya Masyarakat (SDM) KPU Pacitan, Iwit Widhi Santoso. (Foto: Agus Hermawan)

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi  Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pacitan akan membuka pendaftaran bagi  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) serentak tahun 2020.

Menurut Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih Parmas) dan Sumber Daya Masyarakat (SDM) KPU Pacitan, Iwit Widhi Santoso, pendaftaran PPK dibuka mulai  18 sampai 24 Januari 2020 mendatang.

“Pengumumannya selama 3 hari, tanggal 15 sampai 17 Januari,”katanya saat ditemui Pacitanku.com, Selasa (14/1/2020) di ruang kerjanya di Pacitan.

Lebih lanjut, komisioner yang akrab disapa Wiwit Rowi ini mengatakan, rekrutmen PPK terbuka luas bagi masyarakat.

“Untuk informasi lebih lanjut bisa mengunjungi laman website KPU Pacitan di https://www.kpud-pacitankab.go.id/ atau datang langsung ke kantor KPU,”ujar Wiwit.

Sedang mengenai periodesasi, Wiwit yang juga pengarah Pokja Pembentukkan badan adhock menegaskan, yang sudah menjabat dua periode berturut-turut tidak bisa mendaftar lagi.

“Pengertian dua periode berturut – turut itu, menurut regulasi dibagi menjadi empat periodesasi Pemilu dan Pemilihan, yakni Tahun 2004 sampai 2008 (periode pertama), tahun 2009 sampai 2013 disebut periode kedua, 2014 sampai 2019, masuk ke periode ke tiga, dan 2014 sampai 2023 periode keempat,”jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang juga mantan jurnalis ini menjelaskan makna berturut-turut seperti adalah msalnya pada tahun 2004 ada tiga kegiatan, 2004 pemilihan Presiden dan legislatif, kemudian di tahun 2005 ada pemilukada, dan di tahun 2008 pemilihan Gubernur.

“Maka jika dari tiga kegiatan ini, jika salah satu atau ikut yang kedua bahkan ikut ketiga-tigannya, maka ia sudah bisa dianggap masuk satu periode, kemudian jika pada tahun 2014 ia hanya ikut satu kali kegiatan di Pilpres atau Pileg, berarti ia sudah dianggap dua pereode berturut – turut,”pungkasnya.

Adapun tahapan seleksi pembentukan PPK tersebut diawali dengan pendaftaran, penelitian administrasi, seleksi tertulis, wawancara, tanggapan masyarakat, pengumuman, dan pelantikan PPK.

Sedangkan untuk masa kerja PPK Pilbup Pacitan 2020 adalah 9 bulan sejak 1 Maret hingga 30 November 2020. Jadwal Pilbup Pacitan sendiri direncanakan akan digelar pada Rabu (23/9/2020) mendatang.

Berikut timeline pendaftaran PPK KPU Pacitan

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan