Target PAD Pariwisata Pacitan Tahun 2019 Tembus Rp13 M

oleh -658 views
MEMBLUDAK. Pengunjung pantai Klayar membludak pada libur tahun baru 2020. (Foto: Istimewa)

Pacitanku.com, PACITAN – Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan pada tahun 2019 berhasil melebihi target yang dipatok.

Bahkan, dari target PAD sebesar Rp12,5 miliar, tahun 2019 lalu berhasil mencapai Rp13,059 miliar atau jika dalam prosentase adalah 107 persen.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Pacitan T Andi Faliandra, mengatakan target tersebut tercapai berkat kerjasama pihaknya dengan sejumlah pihak.

“Kerjasama itu berkaitan dengan link. Menghadirkan journey travel agent se-Jawa-Bali ternyata dampaknya luar biasa,”kata Andi, seperti dikutip Pacitanku.com dari laman Pemkab Pacitan pada Senin (13/1/2020).

Pada tahun 2020, Andi mengungkapkan pihaknya juga tengah menyiapkan gebrakan cerdas untuk memancing wisatawan betah berlama-lama tinggal di Pacitan.

Menurutnya, hal tersebut tidak sulit, kondisinya yang aman, masyarakatnya yang ramah serta segala kebutuhan yang terjangkau membuat rencana tersebut akan direalisasikan Andi dan jajarannya dalam waktu dekat. “Target kita tamu berkunjung minimal 2 hari 1 malam,” terangnya.

Terlebih, pada tahun 2020 ini Pemkab menaikkan target kunjungan akan kembali dinaikkan menjadi 2,65 juta kunjungan atau setara PAD Rp16,6 miliar.

Selain itu, pada tahun ini rata-rata para tamu didominasi wisatawan Jawa Tengah dan Yogyakarta sebesar 70 persen, dan sisanya 30 persen Jawa Timur dan mancanegara.

Terkait sarana dan prasarana, Andi mengatakan hal itu menjadi perhatian Disparpora sangat berkomitmen membuat nyaman seluruh tamu.

Pembangunan dan perawatan, kata Andi, selanjutnya akan didukung dengan peningkatan kapasitas SDM pelaku wisata di Pacitan dengan berbagai pertemuan dan pelatihan.

“Termasuk semua lembaga dan instansi yang terlibat disana kita akan beri pelatihan,”pungkasnya.

Pemkab sendiri sudah melakukanlangkah promosi dan perhatian lebih di sektor pariwisata untuk mendongkrak PAD. Seperti promosi digital, penambahan sarana prasarana di sejumlah obyek wisata dan berbagai langkah lainnya.

Kunjungan wisata di Pacitan pada tahun 2019 sendiri melonjak saat momen libur semester, libur  sekolah, libur akhir tahun dan tahun baru 2020.