Pacitan di Bulan April 2019: Serius Kembangkan Jeruk Baby Hingga Suksesnya Pemilu

oleh -6 Dilihat
Bupati Pacitan Indartato, saat melihat kebun jeruk baby Pacitan saat tilik warga di Dusun Krajan, Desa Jetis Lor, Kecamatan Nawangan pada Kamis (11/4/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Keseriusan pemerintah daerah dalam mengembangkan sektor perkebunan dalam beberapa waktu terakhir cukup gencar.

Setidaknya sampai bulan April, catatan Dinas Pertanian menyebut sebanyak 30 ribu batang jeruk baby pacitan telah ditanam dan dibudidayakan.

Saat ini, jeruk baby Pacitan mulai banyak digemari, meski dari produksi masih minim. Bahkan di beberapa tempat belanja, tersedia varian dari jeruk peras yang memiliki nama jeruk baby Pacitan tersebut. Harga jenis buah yang satu itu dipasaran cukup menggiurkan. Di toko-toko waralaba, per kilogram dijual lebih dari Rp 20 ribu.

Pengembangan itu, menurut bupati dapat mengembalikan identitas daerah sebagai kawasan produksi. Selain itu secara ekonomis juga dapat menambah penghasilan masyarakat.

Bupati Pacitan Indartato, saat tilik warga di Dusun Krajan, Desa Jetis Lor, Kecamatan Nawangan pada Kamis (11/4/2019) lalu mengatakan dengan adanya pengembangan jeruk baby, dapat mengembalikan identitas daerah sebagai kawasan produksi. Selain itu, kata dia, secara ekonomis juga dapat menambah penghasilan masyarakat setempat.

“Saya pernah lihat di Pasuruan, jeruk baby Pacitan dijual di pinggir-pinggir jalan,”kata Indartato, seperti dikutip dari laman Humas Pemkab Pacitan pada Senin (15/4/2019).

Lebih jauh Indartato mengungkapkan keinginannya agar budidaya jeruk Baby Pacitan membuka peluang sektor lain, yakni agrowisata. Seperti di Kabupaten Malang dan Kota Batu. Wisatawan yang datang dapat langsung memetik buah segar langsung dari pohonnya.

“Bagi warga Pacitan, tidak perlu jauh-jauh untuk mencari buah-buahan. Cukup disini saja,” harapnya.

Keseriusan Pemkab Pacitan Pacitan dalam mengembangkan sektor perkebunan dalam beberapa waktu terakhir cukup gencar.

Suksesnya Pemilu 2019

Ketua KPU Pacitan saat mendampingi Gubernur Jatim meninjau TPS di Pacitan, Selasa (16/4/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Menjelang pelaksanaan pemilu legislatif dan presiden, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Pangdam Mayjend TNI R Wisnu Prasetya Budi, Kapolda Irjen Polisi Luki Hermawan berkunjung ke Kabupaten Pacitan.

Kedatangan mereka itu untuk memastikan pelasanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut berjalan lancar. Usai mendengarkan paparan, forkopimda provinsi bersama bupati Indartato mendatangi TPS di Kelurahan Baleharjo.

Pelaksanan pemilu legislatif dan pemilu presiden di Kabupaten Pacitan berlangsung aman dan lancar.

Bupati Pacitan melakukan pemantauan diberapa TPS di wilayah Kecamatan Pacitan, Pringkuku, Punung dan Donorojo. Dari hasil pantauan tidak diketemukan kendala yang bisa menghambat pelaksanaan pemilu.

No More Posts Available.

No more pages to load.