Selamat, Desa Dadapan Raih Penghargaan Desa Wisata Nusantara

oleh -0 Dilihat
Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo menerima penghargaan di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta pada Selasa (10/12/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, YOGYAKARTA – Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku berhasil meraih penghargaan Lomba Desa Wisata Nusantara 2019 yang digelar oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes-PDTT) RI. Penganugerahan tersebut dilakukan dalam uapaya memajukan sektor pariwisata di desa-desa.

Menurut informasi dari Humas Pemkab Pacitan, dalam kompetisi tersebut, Desa Dadapan yang memiliki obyek wisata Sentono Genthong berhasil meraih juara harapan 2 dalam kategori berkembang.

Baca juga: Selamat, Sentono Genthong Jadi Salah Satu Obyek Wisata Alam Terbaik Jatim

Penghargaan diberikan langsung oleh Kemendes PDTT kepada Wakil Bupati Pacitan, Yudi Sumbogo di Tebing Breksi, Desa Sambirejo, Sleman, Yogyakarta pada Selasa (10/12/2019).

Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kemendes PDTT Taufik Madjid dalam sambutannya mengatakan sektor pariwisata merupakan satu entitas yang penting untuk kemajuan ekonomi di desa, yang menjadikan desa menjadi basis tulang punggung ekonomi di masa akan datang.

“Ini adalah satu upaya untuk terus mamajukan sektor pariwisata di desa-desa sebagai satu entitas yang penting untuk kemajuan ekonomi, itu orientasi pertama. Yang kedua kita ingin memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh pemerintah daerah baik kabupaten/kota, dan khususnya pemerintah desa berkomitmen untuk memajukan desanya terutama mengembangkan desa-desa wisata,”kata Taufik.

Diberitakan sebelumnya di Pacitanku.com, Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa mulai tahun 2019 mengadakan Lomba Desa Wisata Nusantara dengan pengumuman lomba melalui website www.ditjenppmd.kemendesa.go.id.

Hasilnya, didapat dari 350 yang mendaftar, kemudian diverifikasi 158 desa yang mendaftar lomba dan melengkapi berbagai persyaratan melalui dalam jaringan (daring), baik rekomendasi dari Dinas di Kabupaten, link video youtube, instagram, storytelling, dan paket wisata.

Selanjutnya dari 158 desa yang mengirimkan persyaratan lomba diperoleh 28 desa yang layak untuk proses verifikasi.  Dari hasil verifikasi diperoleh 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Maju dan 10 besar nominasi Desa Wisata Kategori Berkembang.

Baca juga: Dadapan Masuk 10 Nominasi Lomba Desa Wisata Nusantara

Terdapat 6 pemenang untuk Desa Wisata Kategori Maju dan 6 pemenang Desa Wisata Kategori Berkembang. Seluruh nominasi 10 besar Desa Wisata Kategori Maju dan 10 Kategori Berkembang juga mendapatkan hadiah berupa Program Pembangunan Sarana dan Prasarana Pendukung Desa Wisata pada Tahun 2020.

Selama ini, Desa Dadapan merupakan salah satu desa wisata di Pacitan. Ada beberapa potensi wisata unggulan di Desa Dadapan, diantaranya adalah Beiji Park, Sentono Genthong dan Monumen Tumpak Rinjing.

Beiji Park sendiri adalah salah satu kawasan wisata alam, lengakap dengan berbagai wahananya yang terletak  di Dusun Beji, Desa Dadapan, Kecamatan Pringkuku. Beiji Park yang terletak di tepi jalur utama Pacitan-Solo yang berada di kawasan perhutani ini menyuguhkan pemandangan yang cocok untuk para traveler pecinta selfie sehingga sengaja dikembangkan jadi obyek wisata.

Sementara, Sentono Genthong adalah bukit pandang yang indah di Pacitan berupa bukit jurang kars, dan jika berada di kawasan tersebut, akan menikmati sejuta pesona karena akan melihat di sepanjang sudut mata, Kota Pacitan terlihat jelas tanpa penghalang, teluk Pacitan dengan latar belakang kawasan Gunung Lima yang menjadi titik terindah di kawasan ini.

Selain dua tempat wisata tersebut, ada satu lagi yakni Monumen Tumpak Rinjing terletak di Dusun Gesingan, Desa Dadapan, kecamatan Pringkuku, dimana monument ini menjadi saksi bisu pertemuan Jenderal Soedirman dan Brigjen Ignatius Slamet Riyadi.

Berikut 20 desa Penganugerahan penghargaan pemenang Lomba Desa Wisata Nusantara 2019:

Desa Wisata Kategori Maju

  1. Desa Kertayasa, Pangandaran, Jawa Barat (juara 1, nilai 1.158)
  2. Desa Sukalaksana, Garut, Jawa Barat (juara 2, nilai 1.139)
  3. Desa Kemiren, Banyuwangi, Jawa Timur (juara 3, nilai 1.135)
  4. Desa Taro, Gianyar, Bali (harapan 1, nilai 1.132)
  5. Desa Punjulharjo, Rembang, Jawa Tengah (harapan 2, nilai 1.130)
  6. Desa Sambirejo, Sleman, DIY (harapan 3, nilai 1.113)
  7. Desa Karangsalam, Banyumas, Jawa Tengah (nilai 1.112)
  8. Desa Tridadi, Sleman, DIY (nilai 1.106)
  9. Desa Karangrejo, Magelang, Jawa Tengah (nilai 1.103)
  10. Desa Bawuran, Bantul, DIY (nilai 1.069)

Desa Wisata Kategori Berkembang

  1. Desa Kembang Kuning, Lombok Timur, NTB (juara 1, nilai 1.125 )
  2. Desa Tebara, Sumba Barat, NTT (juara 2, nilai 1.121)
  3. Desa Jatimulyo, Kulonprogo, DIY (juara 3, nilai 1.118)
  4. Desa Tiwingan, Banjar, Kalsel (harapan 1, nilai 1.116)
  5. Desa Dadapan, Pacitan, Jawa Timur (harapan 2, nilai 1.114)
  6. Desa Tanalum, Purbalingga, Jawa Tengah (harapan 3, nilai 1.102)
  7. Desa Apar, Pariaman, Sumatera Barat (nilai 1.101)
  8. Desa Pendung Talang Genting, Kerinci, Jambi (nilai 1.098)
  9. Desa Tenilo, Boalemo, Gorontalo (nilai 1.027)
  10. Desa Sukaratu, Garut, Jawa Barat (nilai 1.026)

Video Wisata Beiji Park di Desa Dadapan Pringkuku: