Langkah Mitigasi Bencana, Dandim 0801/Pacitan akan Gencarkan Penghijauan

oleh -0 Dilihat
Temu kenal Dandim 0801/Pacitan dan Diskusi Sosial, mitigasi bencana bersama relawan - awak media pada Jum'at (6/12/2019) di Laladan Makodim 0801/ Pacitan. (Foto: SRW)

Pacitanku.com, PACITAN – Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0801/Pacitan Letkol Inf Nuri Wahyudi bersama jajarannya berjanji akan meningkatkan program penghijauan di Pacitan sebagai langkah mitigasi bencana alam di kampung halaman Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut.

“Kita akan meneruskan program-progam yang baik dari Dandim pendahulu dan kami akan meningkatkan yang yang masih kurang berjalan, kedepan kita akan terus meningkatkan program penghijauan,”katanya saat temu kenal Dandim 0801/Pacitan dan Diskusi Sosial, mitigasi bencana bersama relawan – awak media pada Jum’at (6/12/2019) di Laladan Makodim 0801/ Pacitan.

Selain itu, pria yang belum lama ini baru dilantik menjadi Dandim tersebut akan menumbuhkan kesadaran masyarakat Pacitan tentang pentingnya menjaga alam.

“Serta menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga alam, sehingga mereka dapat mandiri tanpa selalu berharap pada bantuan,”ujarnya.

Saat ini, Letkol Nuri juga mengatakan pihaknya sedang membantu mengurangi kesulitan air bersih di sebagian wilayah di Pacitan.

“Saat ini dari TNI sedang mengerjakan program pipanisasi di Kecamatan Ngadirojo untuk dialirkan dari sumber ke pemukiman warga yang mengalami kekeringan sehingga diharapkan dapat mengurangi kesulitan air bersih di masyarakat,”jelas dia.

Dia berharap, dengan pertemuan dan diskusi tersebut bisa bersinergi dan dapat menjadi mitra semuanya untuk membantu pemda dan masyarakat sehingga tercipta ketentraman keamanan dan kesejahteraan masyarakat Pacitan.

“Selama ini Relawan tidak dikenal saat damai tapi sangat dibutuhkan saat terjadi bencana, demikian peran media juga tidak kalah penting dalam memajukan Pacitan melalui berita, Semoga keikhlasan kita medapatkan ridho dan berkah,”ujarnya.

Menurut Dandim, Kodim akan siap membantu dan akan selalu bersama di lapangan. Dan diharapkan, setelah pertemuan ini tidak ada jarak. “Diantara kita dan kodim siap menerima masukan dan kritikan apabila ada yang perlu diperbaiki demi kebaikan kita bersama,”pungkasnya.

Dalam agenda yang diikuti sekitar 50 orang tersebut, turut hadir Ketua DPRD Pacitan Indrata Nur Bayu Aji, Kabid Pengendalian Ops Damkar Kabupaten Pacitan Suyanto, Kabid Linmas Satpol PP Pacitan Samsul Hadi, Kepala Seksi Satlinmas Satpol PP Pacitan Ratna Budiono, Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Aswin Rikha Wijaya.

Kemudian juga hadir dari perwakilan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pacitan, perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) di Pacitan, perwakilan dari pengurus Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) Pacitan dan sejumlah relawan dan perwakilan Ormas Kepemudaan Pacitan. (SRW/RAPP002)