Sanggar Pradnya Pacitan Tampilkan Karya Panji Barang Kentrung di Semarak Budaya Indonesia

oleh -373 views
Karya Panji Barang Sanggar Pradnya. (Foto: Trenggono/Twitter)

Pacitanku.com, PACITAN – Panji Barang Kentrung adalah judul garapan terbaru dari Sanggar Pradnya Pacitan yang ditampilkan dalam Semarak Budaya Indonesia (SBI) 2019 pada Sabtu (30/11/2019) di dalem Joyokusuman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Yang mencuri perhatian adalah Sanggar Pradnya selalu intens berproses dan berkarya selalu mengangkat cerita Panji dalam lukisan Wayang Beber Pacitan.

“Kami mengadaptasi Lakon Jaka Kembang Kuning  dalam cerita Wayang Beber  Pacitan ,  kedalam sebuah karya tari berjudul Panji Barang Kentrung,”kata koreografer Sanggar Pradnya, Rani Iswinedar, dalam siaran pers yang diterima Pacitanku.com, Sabtu (30/11/2019) malam.

Sementara, sutradara cerita ini, Pandu Sadeka mengatakan, cerita lakon ini adalah saat Raden Panji sedang melacak persembunyian Dewi Sekartaji dengan menyamar sebagai pengamen (wong Barang).

“Sampai di Pasar Paluombo Raden Panji menggelar pertunjukan Kentrung dan membuat orang orang berkumpul untuk menyaksikan. Nampak di sana Dewi Sekartaji juga menyaksikan pertunjukan itu. Keduanya saling melihat namun harus menahan diri untuk tidak bertemu,”ungkapnya.

Untuk diketahui, SBI adalah acara berupa  pagelaran seni tari dari kebudayaan di  Indonesia yang diadakan oleh Forum Pemuda Indonesia Kreatif (FPIK).

Selain dari Pacitan, juga tampil pertunjukkan Semarak Candrakirana Art Center (Solo), Sanggar Sarwi Retno Budaya (Solo), Sanggar Krida Budaya (Solo), Sanggar Meta Budaya (Solo), Kinarya Soerya Soemirat Pura Mangkunegaran (Solo).

Kemudian juga Sanggar Orek (Solo), Sanggar Sang Citra (Solo), Sanggar Seni Putra Bongas (Banyumas) dan Sanggar Satria (Wonosobo).