Sang Wanara Terpilih Jadi Maskot Pilbup Pacitan 2020

oleh -8 Dilihat

Pacitanku.com, PACITAN — Desain berjudul “Sang Wanara” karya seniman Setiyono Budi Sampurno terpilih menjadi maskot Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pacitan 2020. Desain yang terinspirasi dari seni Kethek Ogleng Pacitan tersebut berhasil menjadi juara pertama dalam lomba desain maskot Pilbup Pacitan 2020.

Ketua KPU Pacitan Sulis Styorini mengatakan proses lomba cipta jingle dan desain maskot sampai terpilihnya jingle dan maskot sangatlah rumit dan lama.

“Kami memilih para juri yang memang ahli dibidangnya karena kami tahu bahwa pemilihan cipta jingle dan desain maskot ini sangat susah, perlu orang-orang yang professional untuk memilih ini,”katanya dalam keterangannya Ahad (1/12/2019) di Pacitan.

Ninik Setyawati, salah seorang juri lomba maskot dalam keterangannya mengatakan lomba maskot tersebut diikuti 40 karya lomba yang dinilai oleh para dewan juri, yakni Gogot Cahyo Baskoro (Anggota KPU Provinsi Jawa Timur), Triyono (Dewan Kesenian Pacitan) dan Ninik Setyawati (akademisi/seniman).

Ninik mengatkan dewan juri kompak memilih karya Setiyono B. Sampurno sebagai pemenang dengan pertimbangan, ekspresi wajah Sang Wanara terlihat ‘sumringah’, sesuai tagline ‘bungah gumregah’.

Begitu juga, kata Ninik, jari kelingking (tinta), tangan kanan pegang kertas sosialisasi coblosan dan ekor melilit paku. Asesoris didada adalah batik pace (khas Pacitan) dan juga mahkotanya ada akik.

“Pemilihan dari setiap jargon-jargon sangat ketat sekali. Maskot Sang Wanara menunjukkan kreatifitas si pembuatnya. Diskripsinya juga sangat tepat sekali,” katanya.

Perlu diketahui, Sang Wanara berasal dari bahasa Sansekerta Vanara, yang berarti manusia berekor monyet. Dalam mitologi kuno, Wanara dikenal memiliki sifat gagah berani, jujur, adil dan berintegritas tinggi. Sifat ini sesuai dengan asas penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Disisi lain, juga mengilhami lahirnya pemimpin yang gagah berani dalam membela kebenaran dan kepentingan rakyat Pacitan, dalam bingkai NKRI dan tujuan pembangunan Nasional.

Wanara juga identik dengan senk ‘Kethek Ogleng’, yang merupakan salah satu tarian khas dari Desa Tokawi, Kecamatan Nawangan.

Dua karya maskot lainnya, yakni Wayang Beber karya Pratanda Fillahi dan Si Pace karya Bambang Setyo Utomo terpilih menjadi karya terbaik.

Selain lomba maskot, KPU juga merilis pemenang lomba jingle Pilbup Pacitan. Dari 26 karya yang dinilai oleh dewan jri yang terdiri Gogot Cahyo Baskoro (Anggota KPU Jatim), Djohan Perwiranto dan Suharnowo, menetapkan ‘Bungah Gumregah’ karya grup band Srawung Pancer menjadi pemenang utama.

Sedang dua karya terbaik masing-masing atas nama Dhimas Fernanda Fadhlillah Suryanto (Demokrasi Damai, Pacitan Sejahtera) dan Yuwinda Prawata Widita (Ayo memilih).

“Memilih jingle itu pertama syairnya, mengandung ajakan masyarakat, tidak mengandung kontroversial, baru musiknya. Banyak faktor yang kita pilih dalam penilaian jingle kali ini,” ungkap Djohan Perwiranto, salah satu anggota dewan juri lomba single.

Untuk diketahui, Pilbup Pacitan sendiri akan digelar pada Rabu 23 September 2020 mendatang.

Pewarta: Agus Hermawan
Penyunting: Dwi Purnawan

No More Posts Available.

No more pages to load.