Pacitan Diguncang Gempa 4,1 SR, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -0 Dilihat
Ilustrasi gempabumi

Pacitanku.com, PACITAN – Kabupaten Pacitan diguncang gempa bumi tektonik pada Kamis (28/11/2019) malam pada pukul 20.18 WIB. Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi ini berkekuatan Magnitudo 4.1.

Adapun episenter gempabumi terletak pada koordinat -8.84 Lintang Selatan dan 111.47 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 83 kilometer tenggara Pacitan pada kedalaman 25 kilometer.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas I Yogyakarta, Agus Riyanto dalam siaran pers yang diterima Pacitanku.com, Kamis malam mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng IndoAustralia dan Eurasia.

“Guncangan gempabumi ini dilaporkan telah dirasakan di Pacitan, Ponorogo, Trenggalek dalam skala intensitas II-III MMI dan di Wonogiri, Gunungkidul Bantul dalam skala intensitas II MMI,”katanya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hingga pukul 20.40 WIB, hasil monitoring BMKG tidak terdapat gempa susulan. masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,”jelasnya.

Lebih lanjut, Agus mengatakan informasi terkait gempa bumi bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG).

“Kemudian website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg dan (Intagram/Twitter @stageof.yogya),”pungkasnya.