Musim Hujan di Pacitan Mundur Bulan Desember

oleh -2.753 views
Ilustrasi Hujan Angin
Ilustrasi Hujan Angin

Pacitanku.com, PACITAN – Kepala Sie Pencegahan dan Kesiapsiagaan Pacitan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Diannita Agustinawati menyebut waktu musim hujan di Pacitan mundur dari prediksi.

Menurutnya, awalnya Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) memprediksi musim hukan terjadi bulan November, namun mundur di bulan Desember 2019.

“Menurut informasi BMKG, jadi, perkiraan musim hujan saat ini memang mundur, yang semula itu sekitar November, ternyata sampai saat ini November belum turun hujan,”katanya saat dihubungi Pacitanku.com pada Kamis (28/11/2019).

Akibatnya, kata perempuan yang akrab disapa Dian ini, hingga saat ini masih menimbulkan kekeringan berkepanjangan.

Baca juga: Indartato Luruskan Isu Hoaks Mobil Plat Merah tak Boleh Kirim Bantuan Air Bersih

Menurut Dian, perkiraan atau prediksi dari BMKG tidak menjamin 100 persen benar. “Yang namanya perkiraan itu buatan manusia, tapi itu semua tidak bisa menjamin 100 persen,”tandansya.

Sehingga, kata dia, khususnya untuk saat ini mungkin di wilayah Indonesia belum sama, ada yang sebagian sudah turun hujan ada yang belum.

“Tapi khususnya di daerah Jatim sendiri, kemungkinan nanti turun hujan sekitar bulan Desember, seperti itu, jadi dengan curah hujan yang mundur, otomatis kekeringan di Pacitan masih melanda, sehingga BPBD hingga saat ini masih melakukan dropping air,”ungkapnya.

BPBD Pacitan sendiri terus melakukan pengiriman air bersih ke sejumlah titik dilanda kekeringan di Kabupaten Pacitan. Bantuan air bersih tidak hanya dilakukan tim BPBD, karena ada unit/lembaga lain yang saat ini aktif menyalurkan bantuan serupa untuk didistribusikan ke daerah-daerah kering kritis.

Untuk diketahui, berdasarkan data BPBD Pacitan menyebutkan sebanyak 49 desa di Pacitan mengalami kekeringan pada tahun ini.

Sebelumnya, BMKG memprediksi musim kemarau akan berakhir pada bulan Oktober, dimana diprediksi hujan akan mulai turun merata mulai November.

Namun rupanya meski sempat terjadi hujan beberapa kali di Pacitan, hujan masih belum merata di sejumlah wilayah di Pacitan.

Pewarta: Dwi Purnawan