Film Dokudrama, Dedikasi Kopi Sepa untuk Perjuangan Roto Soewarno

oleh -5 Dilihat
FIlm Dokudrama. Keluarga besar Roto Soewarno dan para talent film Roto Soewarno sang penunjuk jalan saat peluncuran film, Ahad (24/11/2019). (Foto: Yahya Ali Rahmawan/Pacitanku.com)

Pacitanku.com, PACITAN – Komunitas Pecinta Sejarah Pacitan (Kopi Sepa) beru saja meluncurkan film dokumenter drama (dokudrama) berjudul “Roto Soewarno sang penunjuk jalan” yang digelar pada Ahad malam (24/11/2019) di rumah markas gerilya Jenderal Soedirman di bukit sobo, Dusun Menur, Desa Pakisbaru, Nawangan.

Film berdurasi 30 menit tersebut mengisahkan kisah kepahlawanan Roto Soewarno. Roto Soewarno adalah pengawal Panglima Jenderal Soedirman saat menghadapi perang gerilya di Pacitan pada masa detik-detik menjelang kemerdekaan RI.

Baca juga: Filmkan Kisah Pengawal Jenderal Soedirman, Bupati Pacitan Apresiasi Kopi Sepa

Ketua Kopi Sepa Herlina Savitri mengatakan film tersebut adalah karya perdana komunitasnya yang diharapkan bisa mengenang jasa sosok Roto Soewarno.

“Kami mendedikasikan karya perdana komunitas ini untuk mengenang perjuangan Roto Suwarno sebagai pahlawan lokal dari Pakisbaru, Nawangan, Pacitan, “katanya.

Ketua Kopi Sepa Herlina Savitri saat memberikan sambutan dalam peluncuran film. (Foto: Yahya Ali Rahmawan/Pacitanku.com)

Lebih lanjut, perempuan yang juga guru SDN Pucangombo I ini mengatakan para pemeran dalam film tersebut adalah siswa dari Madrasah Aliyah Muhammadiyah Tegalombo.

“Mereka adalah anak-anak Saka Bhayangkara dari MAM Tegalombo, SMA Negeri Tegalombo dan SMP Negeri 1 Tegalombo sebagai talent dalam dokudrama Roto Suwarno sang penunjuk jalan,”jelasnya.

Saat peluncuran film tersebut, keluarga besar Roto Soewarno mengapresiasi Kopi Sepa yang telah membuat film docudrama tersebut.

Saat peluncuran film tersebut, presenter nasional TV One Balques Manisang juga hadir. Balques yang juga cucu Roto Soewarno juga memberikan semangat Kopi Sepa untuk terus berkarya.

Antusiasme masyarakat menonton film Roto Soewarno sang penunjuk jalan. (Foto: Yahya Ali Rahmawan/Pacitanku.com)

Saat peluncuran tersebut, ratusan masyarakat dan tokoh Pacitan turut hadir dan memberikan apresiasi atas karya film dokudrama tersebut.

Baca juga: Presenter TV One Balques Manisang Dijadwalkan Hadiri Launching Film Roto Suwarno di Pacitan

Untuk diketahui, sebagai produser film tersebut adalah Herlina Savitri, Sutradara Ismu Prabowo, Penulis Cerita Herlina Savitri.

Kenang-kenangan. Keluarga Roto Soewarno menerima kenang-kenangan dari tokoh Pacitan Ronny Wahyono di pemutaran film tersebut. (Foto: Yahya Ali Rahmawan/Pacitanku.com)

Kemudian Direct of Photography Putut Priangga, Soundman Afandi, Dian, Editor Kholid, Animator Cahyo Putro Utomo, Kameramen Ariska, Ridwan, Soroito.

Kemudian kru pendukung Khinanti Shinta D, Dodot Nimar Ketangi, Fery Indriyanto, Wardrobe dan Make Up Ferisia Hana Puspita.

Film Dokudrama Roto Soewarno sang penunjuk jalan. (Foto: Yahya Ali Rahmawan/Pacitanku.com)

Adapun para pemeran film tersebut adalah sebagai berikut:      

Roto Soewarno : Mustofa Nur Fikri
Jendral Sudirman : Ariza Anjar Arviansah
Jaswadi Darmowidodo : Bambang Setyo Utomo
Ibu Surtinah : Yuliana
Roto Kecil  : Dzaki If Faleska
Suparjo Rustam : Rio Fajar Perdana Putra
Noly Tjokropranolo  : Agus Setiawan
Hanum Faeny : Aji Kurniawan
Bambang Sumadyo : Putut Priangga
Utoyo Kolopaking : Mahardika Sulung Wianda
Suwando  : Ficki Setya Ardika Saputra
Lurah Tokawi : Heri ‘Qirun’ Purnomo
Pak Karsosoemito : Muhamad Khairul Umam
Ibu Karsosoemito : Mariana
Maskar : Aril  Mahendra
Pak Jayus : Adi Kurniawan
Pak Kasman  Jogoboyo : Yusuf Afandi
Ibu Kasman  Jogoboyo : Meidana Halifah
Teman Kecil Roto : Reyhan Bagas Pratama, Hanif Rofi Mahardika
Pengawal Maskar : Angga Pramanda
Kepala KDM Pacitan : Azalia
Miselan: Edi Saputra
Warga :Nur Hayati, Eko Edi Prasetyo, Riko Aji Saputra, Haryono, Riko Ekly Hayuda,  Wardhatul Kembang Ayuning Hidayah, Fatma Saputri, Arya Fernanda, Juwanto, Setiawan
Penandu : Anum, Muh Sofyan Habib, Khrisna  Juliawan, Yuda Putra Andika