Sugeng Nugroho: Pacitan Butuh Bupati yang Berani

oleh -0 Dilihat
Sugeng Nugroho (berdiri) saat bersama tokoh nasional Permadi.

Pacitanku.com, PACITAN – Tokoh masyarakat asal Pacitan yang juga bakal calon bupati Pacitan Sugeng Nugroho menyebut Bupati Pacitan kedepan harus lebih visioner, cerdas, dan berani.

“Semua orang bisa jadi Bupati, tapi tidak semua orang mampu untuk menjadi kepala Daerah yang mempunyai jiwa mengayomi,”katanya belum lama ini.

Untuk diketahui, Sugeng yang merupakan putra bupati Tedjo Soemarto ini mengatakan kedepan membutuhkan sosok yang berani mengambil keputusan. ” Pemimpin adalah ketegasan tanpa ragu,”  urai bakal calon Bupati.

Menurut Sugeng, Kabupaten Pacitan mesti memiliki Bupati yang teruji dan terbukti memiliki jaringan kuat di pusat.

“Kepala Daerah mesti bersedia mendengar aspirasi, tidak sekedar mendengar, dan juga berani mengeksekusi,” tutur Sugeng.

Menurut dia, tanpa adanya keberanian untuk mengeksekusi dari kepala Daerah, mustahil program – program kerakyatan dan program nasional lainya akan terwujud.

“Saya berharap besar, nantinya ada Bupati yang visioner, cerdas, progresif, yang berani,” jelas Sugeng.

Dikatakan Sugeng, sosok pemimpin harus punya pemikiran untuk kemajuan ekonomi, Kemudian, juga memiliki wawasan di bidang usaha, paham dengan UU, KUHP, KUH Perdata, serta berani karena benar, takut karena salah.

Selain itu, Sugeng mengatakan pemimpin menghadapi banyak tekanan yang menantang kemampuanya untuk melakukan hal yang benar dalam mengendalikan sebuah pemerintahan. Tantangan yang paling berbahaya bagi seorang pemimpin itu bukan pada tindakan korupsi yang mungkin dilakukan, akan tetapi pada aspek kepentingan masyarakat, atau kemampuan mengendalikan diri dengan mengutamakan kepentingan umum.

” Sikap etis seorang pemimpin memegang peranan yang sangat penting dalam menetapkan ethical climate di dalam jajarannya dan dalam bertindak, sebagai cerminan yang positif bagi para bawahanya. Pemimpin memberitahu hal – hal penting melalui tingkah lakunya,” pungkasnya.

Pewarta: Agus Hermawan