Jaga Sumber Air, Indartato Sarankan Warga Pacitan Tanam Pohon Beringin Hingga Klampok

oleh -0 Dilihat
JAGA SUMBER AIR. Indartato, saat kegiatan tilik warga di Desa Mantren, Punung, Rabu (6/11/2019). (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato mendorong masyarakat memelihara sumber air bersih agar tetap terjaga dengan melakukan rebosisasi tanaman yang mampu menyimpan air.

Namun demikian, dia mengatakan tanaman tersebut adalah jenis yang tidak terlalu diminati masyarakat. “Seperti beringin, aren, atau klampok,” kata Indartato, saat kegiatan tilik warga di Desa Mantren, Punung, Rabu (6/11/2019) mengutip dari siaran pers Humas Pemkab Pacitan.

Indartato memiliki alasan mengapa dia menyarankan menanam tanaman-tanaman tersebut karena dengan pertimbangan keberlangsungan hidup jenis vegetasi itu.

Sebab, jika tanaman tersebut tidak laku, baik untuk pakan ternak atau kayu, maka dipastikan akan berumur panjang. Dengan demikian dapat menjaga sumber air lestari.

Indartato lantas berharap dalam satu tahun pasca penanaman, pohon-pohon jenis itu mulai terlihat manfaatnya.

Sehingga paling tidak dalam satu dekade mendatang fungsi pokoknya sebagai pelindung pada sumber-sumber air dapat optimal.

Menurut Indartato, sumber air adalah kemakmuran. Karenanya butuh peran serta banyak pihak, tidak hanya pemerintah saja, tetapi masyarakat juga.

“Tugas kita semua menjaga agar sumber air lestari. Penghijauan harus ditata. Kapan mulai menanam, memeliharanya, sampai kemudian nanti kita dapat merasakan manfaatnya bersama. Tidak hanya saat ini, tapi juga nanti untuk anak cucu kita,”pungkasnya.

Selain mendatangi sumber air bersih di Kali Mason, Desa Mantren, pada kegiatan tilik warga kali ini bupati bersama OPD terkait juga memberikan bantuan air bersih untuk warga, bantuan paket sembako, serta alat APE untuk PAUD.

Bantuan serupa juga diberikan untuk warga desa-desa di kawasan Kecamatan Pringkuku dan Donorojo yang menjadi sasaran tilik warga.